5 Manfaat Berorganisasi Bagi Siswa di Sekolah

5 Manfaat berorganisasi bagi siswa di sekolah – Anda siswa yang sudah terbiasa ikut dan aktif dalam organisasi sekolah sudah dapat merasakan untung-ruginya. Yang pasti, ruginya dirasakan pada saat ikut organisasi tersebut. Anda telah berkorban waktu dan tenaga dalam mencempungi sebuah organnisasi.

siswa,ikut organisasi,sekolah
Banyak manfaat siswa ikut organisasi di sekolah (doc.matrapendidikan.com)

Akan tetapi dibalik kerugian itu, anda juga memetik manfaat untuk saat itu maupun pada masa datang. Pada saat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, manfaat ikut berorganisasi akan lebih terasa. Belum lagi kalau anda terjun ke tengah masyarakat usai mengikuti pendidikan.

Namun bagi siswa yang belum pernah ikut organisasi di sekolah, boleh jadi menganggap kegiatan berorganisasi di sekolah hanya buang waktu dan tenaga. Dan, hal itu sangat wajar karena siswa belum memahami apa tujuan dan manfaat berorganisasi di sekolah.

Induk organisasi kesiswaan di sekolah adalah Osis. Organisasi di bawah naungan Osis banyak jenisnya, misalnya kepramukaan, PMR, PKS, Passusbra, KIR, dan lain sebagainya. Ada pun manfaat bagi siswa yang ikut berorganisasi di sekolah adalah :

1.Belajar mengelola waktu

Ikut berorganisasi di sekolah akan memberi kesempatan bagi siswa untuk belajar lebih baik dalam mengelola waktu. Siswa dapat belajar membagi waktu dan memanfaatkannya untuk belajar reguler dan kegiatan organissi di sekolah.

Kegiatan organisasi di sekolah dilaksanakan usai pembelajaran tatap muka di ruang kelas. Itu berarti, siswa yang ikut kegiatan organisasi akan bertambah volume kegiatannya selain dari belajar reguler. Kesibukan siswa akan meningkat dari biasanya.

Bertambahnya volume kegiatan, tenaga dan waktu akan menuntut siswa untuk terampil mengelola waktu. Siswa harus pandai membagi waktu belajar dan, berorganisasi di sekolah.

2.Mengasah berbagai kemampuan

Mencimpungi organisasi di sekolah akan bermanfaat untuk mengasah berbagai kemampuan siswa. Misalnya kemampuan berbicara di depan umum, berkomunikasi, bersosialisasi.

Selain itu, ikut organisasi sekoalh juga akan meningkatkan keterampilan siswa dalam mengatasi persoalan yang dihadapi dan membentuk pola pikir positif..

3.Membangun kepercayaan diri

Berorganisasi di sekolah akan dapat membangun kepercayaan diri. Organisasi akan membentuk aktualisasi diri siswa sehingga percaya diri dalam pergaulan sosial di sekolah maupun di lingkungan masyarakat sekitarnya.

4.Melatih menjadi pemimpin

Siswa yang terpilih mengurus Osis adalah siswa pilihan. Diharapkan siswa pilihan ini kelak menjadi pemimpin yang baik. Pemimpin yang memahami anggota yang dipimpin, mengerti seluk beluk kepemimpinan dan organisasi. Mampu berkomunikasi yang baik dengan yang dipimin.

Pengurus Osis adalah Organisasi di sekolah merupakan cikal bakal organisasi yang lebih besar. Pemimpin di lembaga sosial dan pemerintahan berawal dari pemimpin yang dibentuk sejak dini di sekolah.

5.Menjadi siswa terkenal

Ikut organisasi di sekolah akan membuat siswa dikenal oleh warga sekolah. Siswa yang aktif organisasi sekolah biasanya akan mudah dikenal oleh guru sehingga mendapat nilai tambah di mata guru. Bahkan siswa yang berorganisasi akan dikenal oleh siswa dan guru di sekolah lain.

Itulah 5 manfaat siswa ikut berorganisasi di sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "5 Manfaat Berorganisasi Bagi Siswa di Sekolah"

Posting Komentar