Aktivitas Guru dan Pegawai di Hari Pertama Sekolah

Aktivitas guru dan pegawai di hari pertama sekolah – Hari pertama sekolah (HPS) seyogyanya menjadi momentum mengesankan bagi setiap warga sekolah. Kesan pertama ini akan menentukan kesan selanjutnya di tempat tugas. Bila pada hari pertama kerja mendapat kesan bagus maka hari berikutnya akan memacu semangat kerja.

aktivitas guru,hari pertama,sekolah
Salah satu bagian aktivitas guru dan pegawai di hari pertama sekolah (matrapendidikan.com)

Di sekolah, warga sekolah yang terdiri dari unsur guru, pegawai dan siswa akan menghadapi suasana yang ‘seolah-olah’ baru setelah menjalani masa liburan.  Meskipun masa liburan itu hanya sekitar seminggu.

Hari pertama keja (HPK) di SMPN 2 Lintau Buo misalnya, kalangan guru dan pegawai melaksanakan tradisi membangun jembatan silaturrahmi.  Saling bersalaman setelah seminggu tidak berjumpa di tempat tugas. Kemudian ngobrol santai dan berbagi cerita antar sesama guru dan pegawai serta dengan pimpinan sekolah.

Suasana silaturrahmi berlanjut pada sesi melihat jadwal mengajar yang terpampang di dinding ruang majelis guru. Unsur pimpinan di sekolah telah menyusun daftar mengajar itu jauh hari sebelumnya.

Ekspresi para guru pun beraneka ragam ketika setelah membaca dan mencatat jadwal mengajar masing-masing. Ada yang terdiam melihat struktur jadwal mengajarnya dalam seminggu itu.

Ada pula yang cuek, tak peduli berapa jam pun mengajar dalam sehari. Namun ada pula yang berwajah cerah karena susunan jadwal mengajarnya dirasa tepat dan menguntungkan. Biasanya pada hari pertama ini pengawas dari dinas terkait datang melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah. Namun kali ini tidak seorang pun pengawas yang melakukan kunjungan supervisi.

Aktivitas menarik lainnya dalam rangka memperkokoh jembatan silaturrahmi adalah acara makan bersama. Acara ini disponsori oleh seorang guru yang ‘terpaksa’ kembali pindah mengajar di tempatnya semula. 

Fatmanely, S.Pd kembali harus mengajar di SMPN 2 Lintau Buo Utara awal semesterini. Oleh sebab itu guru mata pelajaran IPS itu sengaja menjamu makan siang guru dan pegawai SMPN 2 Lintau Buo.

Yang tidak mungkin dilaksanakan pada HPS kali ini adalah proses belajar mengajar. Siswa yang datang kurang 25%. Siswa yang datang diinstruksikan untuk membenahi kelas masing-masing dengan dibimbing oleh para wali kelas.
Setelah batas waktu membenahi kelas tiba, siswa diperbolehkan pulang. Sementara guru dan pegawai berkumpul di ruang majelis guru untuk mengikuti kegiatan breefing rutin hari pertama kerja.

0 Response to "Aktivitas Guru dan Pegawai di Hari Pertama Sekolah"

Posting Komentar