Analisa Indikator dan Contoh Soal Gaya Coulomb

Analisa indikator dan contoh soal gaya coulomb – Konsep Hukum Coulomb tercantum dalam kisi-kisi soal UN 2018 SMP/MTs mata pelajaran IPA. Oleh sebab itu pada pembahasan artikel ini difokuskan pada analisa indikator dan contoh soal tentang gaya Coulomb.

indikator,contoh soal,fisika
Ilustrasi indikator dan contoh soal ipa fisika (matrapendidikan.com)

Indikator soal dan contoh soal diambil dari paparan nara sumber IPA Fisika pada kesempatan Bedah SKL UN 2018 Tingkat SMP/MTs se-Kabupaten tanah datar beberapa waktu lalu.
Indikator soal kira-kira begini:
Disajikan gambar dua buah benda bermuatan listrik statis, peserta didik dapat menghitung gaya Coulomb yang terjadi setelah kedua muatan benda dan jarak kedua benda diubah dibanding gaya Coulomb semula.

Kemudian narasumber juga memberi contoh soal seperti di bawah ini:
Dua buah muatan A dan B yang besar dan sejenis didekatkan pada jarak r sehingga mengalami gaya tolak F. Jika jarak keduanya diubah menjadi setengah dari jarak semula dan q1 diubah menjadi ½ kali semula sedangkan q2 diubah menjadi 8 kali semula, maka gaya tolak kedua muatan tersebut menjadi….
 a.F          b.4 F          c. 8 F         d. 16 F

Analisa indikator dan contoh soal:

1.Kelengkapan soal (pernyataan dan gambar)
Pada indikator soal dinyatakan rambu-rambu dimana soal berupa gambar dan kalimat pernyataan tentang gaya Coulomb..Tertulis disana, disajikan gambar  dua buah benda bermuatan listrik.

Melalui gambar dan kalimat pernyataan tersebut siswa dapat menyelesaikan persoalan dan memilih jawaban yang benar dari pilihan yang ada. Akan tetapi pada contoh soal belum dilengkapi dengan gambar sesuai keterangan indikator soal. Oleh sebab itu, perlu dilengkapi dengan gambar. Contoh soal selengkapnya dapat dilihat berikut ini.

Perhatikan gambar di bawah ini!
hukum coulomb,contoh soal,indikator soal

Dua buah muatan q1 dan q2 yang besar dan sejenis didekatkan pada jarak r sehingga mengalami gaya tolak F. Jika jarak keduanya diubah menjadi setengah dari jarak semula dan q1 diubah menjadi ½ kali semula sedangkan q2 diubah menjadi 8 kali semula, maka gaya tolak kedua muatan tersebut menjadi….

 a.F          b.4 F          c. 8 F         d. 16 F

2.Telaah soal
Soal seperti ini akan menuntut siswa untuk memperhatikan gambar dengan seksama dan membaca kalimat soal dengan teliti sehingga dapat memahami maksud soalnya.

Muatan q1 dan q2 bermuatan listrik positif. Selanjutnya dalam pernyataan soal dinyatakan dengan kata ‘gaya tolak’ karena muatannya sejenis.

Variabel yang mengalami perubahan pada kalimat pernyataan soal perlu juga disimak baik-baik. Dalam hal ini, keadan mula-mula adalah: muatan q1 dan q2, jarak kedua muatan (r) dan gaya tolak yang dihasilkan F.

Variabel itu akan diubah sebagai berikut:

a.Jarak diubah ½ dari semula (berarti ½ r)
b.Muatan q1 diubah ½ dari semula (berarti ½ q1)
c.Muatan q2 diubah atau diperbesar menjadi 8 kali semuala (berarti 8 q2)

Dengan perubahan nilai muatan, q1 maupun q2 dan jarak (r) pada kedua muatan tersebut, berapa gaya Colulomb (tolak-menolak) antara muatan q1 dan q2 sekarang. Inilah inti permasalahan soal di atas.

3.Penyelesaian soal:
Menurut Hukum Coulomb, gaya tolak-menolak atau tarik-menarik antara dua muatan listrik berbanding lurus dengan kedua muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara dua muatan tersebut. Dapat ditulis dengan persamaan:

Fc = q1 x q2
         ----------
              r2

Maka :( ½ q1) x (8 q2)
            ------------
              (½)2

Fc= 4/1/4

Fc= 16 F

Kunci jawaban yang benar :D

Demikian analisa indikator dan contoh soal tenang konsep gaya Coulomb. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Analisa Indikator dan Contoh Soal Gaya Coulomb"

Posting Komentar