Berbagi Oleh-oleh Panen Labu Kuning

Berbagi oleh-oleh panen labu kuning – Buah labu kuning (cucurbita moschata) sudah dikenal oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Tidak terkecuali di wilayah Indonesia. Labu ini dikenal dengan sebutan labu kuning (waluh) karena daging buahnya berwarna kuning.

labu,labu kuning,panen labu
Ketika panen labu kuning di kebun (matrapendidikan.com)

Di hari Minggu ini, label kilas lensa diisi dengan oleh-oleh kiriman kontributor matrapendidikan.com, Rahid Sikumbang yang kebetulan mampir di kampung halaman bersama istri. Kebetulan di ladang sedang panen labu.
Labu kuning sudah menjadi salah satu komoditas pangan. Tidak mengherankan jika tidak terlalu sulit menemukan labu kuning di pasar-pasar tradisional. Sementara bertanam labu kuning di pihak petani labu, panen labu cukup menjanjikan.

Labu kuning yang sudah masak (tua) dapat diolah menjadi aneka bahan makanan, seperti kolak labu manis. Buah labu yang masih muda dapat digunakan sebagai bahan sayur. Begitu pula daun labu kuning yang masih muda dapat dijadikan sayur atau lalapan oleh sebagian masyarakat.

Sepintas daging buah labu mirip dengan buah pepaya. Di dalam daging buah terdapat ruang tempat berkumpulnya biji. Hanya saja labu kuning tidak bisa dimakan langsung sebagaimana halnya buah pepaya yang sudah masak.
Sekian oleh-oleh kilas lensa tentang panen labu kuning buat pengunjung.

0 Response to "Berbagi Oleh-oleh Panen Labu Kuning"

Posting Komentar