Geladi Resik Ala Siswa SMP

Geladi resik ala siswa smp – Kita mungkin sering mendengar kata geladi resik (bukan gladi resik) atau disingkat GR (bukan gede-rasa). Misalnya, saat mengadakan latihan upacara bendera bagi pelaksana. Setelah berulangkali diadakan latihan kemudian diadakan geladi resik (geladi bersih).

geladi resik,geladi bersih,siswa smp
Pengurus Osis sedang melaksanakan geladi resik (matrapendidikan.com)

Nah, apa itu geladi resik? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI), geladi resik adalah pelatihan umum yang terakhir sebelum pelaksanaan pementasan pada acara sesungguhnya. Pada contoh di atas, latihan upacara bendera yang telah dilakukan berulang kali ditutup dengan latihan terakhir.  Inilah yang dikatakan dengan geladi resik.

Pelatihan umum yang terakhir ini biasanya ditekankan pada bagian penting dari susunan upacara bendera sesungguhnya.

Hal senada dilaksanakan oleh siswa anggota Passusbra SMPN 2 Lintau Buo dalam rangka latihan prosesi pelantikan Pengurus Osis periode 2017/2018 yang direncanakan Senin, 22 Januari mendatang.

Geladi resik dilaksanakan setelah pengurus Osis yang akan dilantik melakukan beberapa kali latihan tentang prosesi pelantikan. Dengan sabar dan tekun, pengurus Osis yang akan dilantik melaksanakan latihan berulangkali dan memerlukan beberapa hari latihan setelah pulang sekolah.

“Pengurus Osis harus dilatih memiliki sikap sabar dan disiplin dalam latihan. Sikap positif ini diharapkan dapat ‘menular’ kepada anggota kelompok ekstrakurikuler lain khususnya dan siswa SMPN 2 Lintau Buo pada umumnya,” tutur Edy Samsul, Pembina Osis SMPN 2 Lintau Buo kepada matrapendidikan.com.

Mereka dilatih oleh para senior dari berbagai angkatan Passusbra SMPN 2 Lintau Buo. Seperti diinformasikan sebelumnya, para senior dari berbagai angkatan itu datang ke sekolah untuk melatih para juniornya dengan kesadaran sendiri dan sukarela, jika memang kebetulan mereka sedang berada di kampung halamannya.
“Bibit yang mereka tanam hari ini, mudah-mudahan tumbuh menjadi pohon yang berbuah manis untuk juniornya maupun diri senior itu sendiri,” ujar pembina Osis. 

0 Response to "Geladi Resik Ala Siswa SMP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel