Hari Pertama Sekolah, Murid Sepi

Hari pertama sekolah, murid sepi – Hari pertama sekolah (HPS) di lembaga sekolah dimulai Selasa, 2 Januari 2018. Hal ini menyesuaikan kalender Hari Pertama Kerja (HPK) Aparat Sipil negara (ASN) yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

breefing guru,majelis guru
Majelis guru melaksanakan breefing di hari pertama sekolah (matrapendidikan.com)

Dengan begitu, pemerintah tidak lagi menetapkan hari kedua tahun baru Masehi (2 Januari) sebagai cuti bersama. Keputusan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya tentang Cuti Bersama Tahun Baru Masehi. 

Di institusi pendidikan di lingkungan pemerintah daerah (Pemda) Tanah Datar, khususnya SMPN 2 Lintau Buo, HPS yang ditatapkan Selasa 2 Januari menimbulkan fenomena unik. Semua guru dan pegawai hadir dan mengisi daftar hadir di sekolah. 

Bagaimana dengan murid?

SMPN 2 Lintau Buo sepi dari murid dimana yang hadir, tidak sampai 25 % dari 300-an siswa.pada HPS tersebut. "Fenomena seperti ini jarang terjadi di sekolah. Biasanya pada HPS tiap awal semester, siswa hadir di sekolah lebih 90 %. " kata Arlis Anwar, S.Pd, guru yang paling lama bertugas di sekolah ini.

Ada apa ini? Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Fauzi, S.Pd dalam breefing perdana di awal semseter genap ini mengatakan bahwa telah terjadi perubahan HPS yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Saat menerima rapor semester menjelang liburan, kita mengumumkan kepada siswa HPS itu jatuh hari Rabu, 3 Januari berdasarkan kalender Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar,” ujar Fauzi, S.Pd dalam breefing yang berlangsung di ruang majelis guru SMPN 2 Lintau Buo.
Simak juga : 4 Jurus Jitu Tampil Bersemangat Mengajar
Menurut pemantauan admin matrapendidikan.com, perubahan HPS itu dilakukan setelah keluarnya kepastian tentang HPS pada saat siswa sedang menjalani masa liburan. Siswa diberitahu melalui pesan berantai, akun facebook guru dan wali kelas. Dan untuk guru dan pegawai juga dilakukan hal serupa.

0 Response to "Hari Pertama Sekolah, Murid Sepi"

Posting Komentar