Keharusan Siswa Memuliakan Guru

Keharusan siswa memuliakan guru – Anak sekolah mulai dari PAUD, TK, SD sampai SMP sudah mendapat pembekalan tentang karakter yang baik. Bahkan jauh sebelum itu, mulai dalam kandungan sampai lahir serta usia batita (bawah tiga tahun) juga mendapat pencerahan dari keluarga tentang karakter positif.

siswa,menghormati,guru
Ilustrasi keharusan siswa memuliakan guru (pixabay.com)

Tidak hanya pendidikan karakter, bekal ilmu dan pengetahuan berharga pun sudah diberikan oleh lembaga sekolah, sesuai dengan jenjang pendidikan anak. Jika siswa mencintai ilmu, memulliakan orang yang memberi ilmu serta  mengamalkan ilmu yang didapat. Niscaya ilmu itu akan bermanfaat dan berkah bagi siswa.

Bagaimana agar ilmu yang diberikan guru mudah dicerna, bermanfaat dan berkah bagi siswa?

“Siswa belajar di sekolah bertujuan untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan bermanfaat dari guru. Jika siswa benar-benar mencintai ilmu maka siswa juga harus memuliakan guru dalam proses pendidikan di sekolah.
 Simak : Agar Ilmu yang Diperoleh Bermanfaat
Itu salah satu cara agar ilmu yang diberikab guru mudah diterima dan diamalkan sehingga menjadi ilmu yang bermanfaat dan berkah,” ujar Wali Kelas IX.B, Edy Samsul, yang disampaikan dalam kegiatan muhadharah rutin di sekolah, Jumat (26/1).

Dalam pengarahan dengan tema inspirasi keharusan siswa memuliakan guru, Wali Kelas IX. B itu mencontohkan kisah bagaiamana seorang Imam Fakhrudin Al Arsabandi memuliakan gurunya Abu Zuad Al Dabusi.

Kemudian seorang Imam Syafi’i yang memuliakan seorang tua yang telah menjawab pertanyaannya tentang ciri anjing yang sudah baligh. Imam Syafei menyalami dan memeluk orang tua itu di hadapan sahabat sehingga membuat heran para sahabatnya.
Simak juga: 8 Cara Siswa Memuliakan Guru
Ini adalah inspirasi bagi siswa untuk memuliakan guru dan orang-orang yang telah memberikan ilmu. “Sudah  menjadi keharusan bagi setiap siswa untuk memuliakan guru agar ilmu yang diberikan guru mudah diterima, bermanfaat dan berkah.


Siswa yang mencintai ilmu berarti akan memuliakan orang yang memberikan ilmu kepada muridnya, ungkap Wali Kelas menyimpulkan inspirasi di hadapan peserta muhadharah di sekolah.  

0 Response to "Keharusan Siswa Memuliakan Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel