Inilah Kolaborasi Paling Unik Dua Guru Bahasa

Inilah kolaborasi paling unik dua guru bahasa – Proses pendidikan di lembaga sekolah berlangsung secara terpadu untuk mencapai tujuan bersama mewujudkan kualiatas pendidikan di sekolah tersebut. Secara mikro, kualitas pendidikan dimaksud terkait dengan kualitas proses pembelajaran di ruang kelas.

koaborasi guru,kualitas pembelajaran
Kolaborasi paling unik dua guru mata pelajaran serumpun (matrapendidikan.com)

Keterpaduan untuk mewujudkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di ruang kelas memungkinkan terjadinya kolaborasi antara satu guru mata pelajaran dengan guru mata pelajaran lainnya.

Kolaborasi guru di sekolah tidak semata dalam pemecahan suatu persoalan yang berkaitan dengan proses dan hasil pembelajaran. Tidak mesti antar guru mata pelajaran sejenis.

Kolaborasi guru juga dapat berlangsung dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran itu sendiri.

Selain dengan mata pelajaran sejenis, kolaborasi juga dapat dilakukan dengan guru mata pelajaran serumpun, bahkan dengan guru mata pelajaran lainya dalam rangka meningkatkan mutu proses pembelajaran.

Salah satu bentuk kolaborasi antar guru mata pelajaran serumpun adalah dalam penggunaan media belajar. Misalnya, alat peraga media komunikasi semisal telepon, dapat dimanfaatkan oleh dua guru mata pelajaran serumpun.

Alat peraga sederhana telepon mainan dapat digunakan dalam menerangkan materi pelajaran cara berkomunikasi lisan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dan materi percakapan (conversation)  untuk mata pelajaran bahasa Inggris
Namun demikian,sebelum menggunakan media pembelajaran tersebut di ruang kelas, kedua guru tersebut perlu mencobanya terlebih dulu. Hal ini dilakukan oleh dua guru mata pelajaran serumpun di SMPN 2 Lintau Buo, Suci Indriani, S.Pd (bahasa Inggris) dan Yuhelmi, S.Pd (bahasa Indonesia)

Kelihatannya lucu banget. Dapat dibayangkan bagaimana asyiknya pembelajaran di ruang kelas menggunakan media sederhana ini.
Kolaborasi antar guru mata pelajaran dalam membuat media pembelajaran menunjukkan kreativitas guru bersangkutan dalam mengatasi keterbatasan media di sekolah.

0 Response to "Inilah Kolaborasi Paling Unik Dua Guru Bahasa"

Posting Komentar