Mengenal Komponen CCTV dan Fungsinya

Mengenal Komponen CCTV dan Fungsinya – Kamera pemantau atau biasa disebut kamera CCTV (Closed Cirkuit Television) sudah tidak asing lagi dalam keseharian masyarakat. Pada mulanya kamera CCTV hanya sebagai tindakan pemantauan terhadap keamaman suatu tempat dalam waktu 24 jam.

komponen,fungsi,kamera cctv
Ilustrasi kamera CCTV (pixabay.com)

Namun perkembangan berikutnya, kegunaan kamera CCTV tidak lagi terbatas untuk memantau keamanan. Kamera CCTV juga digunakan untuk memantau suatu proses kegiatan dalam rangka supervisi. Meningkatkan kinerja personal di suatu lembaga atau perusahaan.

Di lembaga pendidikan, terutama lembaga sekolah, pemantauan dan supervisi tersebut dikenal dengan istilah supervisi pendidikan. Ini dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas pendidikan untuk peningkatan kinerja pendidik.

Konon, sudah banyak sekolah yang sudah memasang kamera CCTV untuk pemantauan keamanan dan keperluan supervisi pendidikan. Umumnya dipasang pada sekolah kategori besar dan berlokasi di perkotaan.

Namun kenyataannya, penggunaan kamera CCTV sudah mulai merambah ke sekolah kategori kecil dan berlokasi di pedesaan sekali pun. Dan, SMPN 2 Lintau Buo, hanyalah salah satu contoh sekolah di antara sekian banyak sekolah kategori kecil dan berada  pedesaan yang sudah memasang kamera CCTV.
Simak : Plus Minus Pemasangan Kamera CCTV

Komponen utama kamera CCTV

CCTV merupakan singkatan dari Closed Circuit Television, sebuah sistem televisi bersifat rahasia atau tertutup dengan menggunakan sinyal tidak seperti lazimnya televisi siaran.

CCTV juga termasuk sistem teknologi komputer dengan menggunakan kamera untuk merekam gambar suatu peristiwa/kejadian dan menampilkannya melalui layar monitor pada waktu dan tempat dimana kamera CCTV terpasang.

Secara global, unit CCTV terdiri dari tiga komponen utama, yaitu komponen kamera dan DVR.

1.Kamera
Kamera adalah bagian untuk mengambil gambar rekaman dan dipasang pada tempat terntu sesuai kebutuhan pengguna. Oleh sebab itu berdasar penggunaan dan fungsinya, kamera CCTV  terdiri 2 jenis, yaitu kamera CCTV analog dan kamera CCTV network,

Kamera CCTV untuk merekam gambar dan dipasang di ruang kelas atau di sekitar area strategis di sekolah termasuk jenis kamera CCTV analog. Jenis kamera ini menngunakan satu kabel khusus (solid cable) untuk setiap kamera. Artimya setiap kamera akan terhubung ke bagian komponen lain secara langsung.

2.DVR
DVR (digital video recorder) adalah komponen perekam atau penyimpan data gambar yang dikirim oleh kamera terpasang di ruang kelas. Dalam sistem ini banyak fitur yang dapat digunakan untuk pelengkap keamanan maupun supervisi di sekolah.

Dalam DVR terdapat komponen atau media untuk menyimpan data. Media penyimpan  data ini adalah HDD (hard disk drive). Gambar yang telah direkam oleh kamera disimpan pada komponen HDD. Besar kecilnya kapasitas HDD akan menentukan kemampuan gambar yang terekam dan tersimpan.

3.Layar monitor
Layar monitor adalah unit untuk menampilkan hasil pemantauan kamera CCTV yang dipasang di ruang kelas atau di tempat penting lainnya. Layar monitor ini terhubung dengan kabel koaksial serta konektor koaksial yang disebut BNC connector.

BNC (bayonet neil concelman) atau konektor RF berfungsi menghubungkan kamera CCTV dengan DVR dan layart monitor. Komponen tambahan lain adalah adapter dan power suply serta kabel power.


Demikianlah pembahasan ringkas tentang komponen kamera CCTV yang perlu kita kenali. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Komponen CCTV dan Fungsinya"

Posting Komentar