Passusbra Sebagai Ikon Suatu Sekolah

Passusbra sebagai ikon suatu sekolah – Setiap sekolah memiliki ikon tertentu sebagai ciri khas. Ikon menjadi hal menonjol dan menjadi andalan di sekolah tersebut. Sekolah A memiliki ikon prestasi akademik namun sekolah B mungkin saja mengandalkan kegiatan ekstra sebagai ciri khas yang menonjol.

rahmad,aksi,pembina passusbra

Salah satu aksi keren Rahmad Hidayatullah dalam suatu acara pelantikan pengurus Osis (matrapendidikan.com)

Ikon sekolah akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi warga sekolah dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Sebaliknya, melalui ikon inilah orang luar mengenal suatu sekolah dengan cepat dan praktis.

Sebagai ilustrasi, ketika menyebut kata ‘Pramuka’ maka orang akan mengingat dengan cepat sekolah mana yang paling menonjol kegiatan pramuka. Kenapa menonjol?

Selain tetap eksis melaksanakan kegiatan rutin sesuai program, sekolah tersebut juga berprestasi di bidang kepramukaan tersebut pada level kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan level nasional.

Bagaimana dengan ikon SMPN 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar? Kalau boleh menyebutnya, ikon sekolah ini adalah Passusbra (Pasukan Khusus Pengibar Bendera). Kenapa Passusbra?

juara lomba,lomba pbb,passusbra

Tim Passusbra SMPN 2 Lintau Buo saat menjuarai Lomba PBB Tingkat SMP se-kabupaten Tanah Datar (doc.matrapendidikan.com)

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini yang cukup menonjol adalah bidang Passusbra di samping kegiatan pramuka, tahfizh, drumband dan lain sebagainya.

Passusbra ini ditukangi oleh seorang Pembina Profesional. Siapa lagi kalau bukan Rahmad Hidayatullah AMd.Kom.
 Baca juga : Mengintip Pelantikan Anggota Passusbra SMPN 4 Lintau Buo
Namun suatu ketika, Pembina Passusbra yang juga kontributor matrapendidikan.com ini berkilah, “Semua itu bukan karena saya sendiri, melainkan hasil kerja sama, pak.

Kerja sama dengan para senior dari berbagai angkatan yang telah banyak melatih adik-adiknya.

Selain itu koordinasi yang baik dengan pimpinan sekolah, pembina Osis, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah.”

kerja sama,senior passusbra

Rahmad Hidayatullah AMd.Kom (kanan) bersama Pembina Osis (matrapendidikan.com)

Struktur dan Program Solid

Passusbra SMPN 2 Lintau Buo memiliki struktur dan program kegiatan solid dan aplikabel.

Program kegiatan latihan bersifat rutin. Sampai saat ini, Passusbra telah menelorkan 1 Angkatan Pioner dan 6 angkatan lainnya.

Setiap angkatan, ada proses dalam perekrutan anggota. Misalnya, proses seleksi, masa pendidikan, pengukuhan dan pelantikan.

Kegiatan Passusbra memang terencana dan terukur karena memiliki program kegiatan yang komprehensif.

Passusbra menjadi pioner dalam berbagai kegiatan di sekolah. Misalnya gerakan K3, buka bersama dan kegiatan lainnya.

Prestasi yang diraih Passusbra SMPN 2 Lintau Buo cukup menggembirakan. Pada masa Angkatan Pionir, Passusbra SMPN 2 Lintau Buo meraih gelar Juara Umum Lomba Penaikan dan Penurunan Bendera Tingkat SMP Se-Sumatera Barat yang diadakan oleh SMA 2 Lintau Buo.

Selanjutnya Passusbra SMPN 2 Lintau Buo kembali menorehkan prestasi setelah meraih Juara! Lomba PPB Tingkat SMP se-Kabupaten Tanah Datar pada angkatan ke-6.

Nah, tahun pelajaran 2017/2018 ini, perekrutan anggota Passusbra angkatan 7 telah menyelesaikan proses masa pendidikan.

Selanjutnya Calon pasuskan (Capas) Passusbra angkatan 7 ini akan dikukuhkan kemudian dilantik oleh pimpinan sekolah dalam suatu upacara khusus.
 Simak juga : 35 Capas Angkatan VII Ikuti Masa Pendidikan
Nah, kita tunggu informasi berikutnya tentang aksi Rahmad Hidayatullah AMd.Kom dan para sesepuh semua angkatan Passusbra SMPN 2 Lintau Buo.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel