Peran Wali kelas dalam Pendidikan Karakter

Peran wali kelas dalam pendidikan karakter – Wali kelas adalah sosok orangtua kedua bagi siswa setelah orangtuanya di rumah. Oleh sebab itu patut disebut wali kelas sebagai wakil orangtua siswa  di sekolah.

peran,wali kelas,pendidikan karakter

Wali kelas mengetahui lebih banyak sifat dan karakter siswa yang menjadi asuhannya. Biodata seluk beluk siswa di keluarganya sudah ada pada wali kelas. Berdasar biodata ini para wali kelas dapat membaca dan memahami bagaimana kondisi anak di lingkungan keluarga.

Komunikasi dan konsultasi dengan orangtua siswa akan melengkapi keterangan administrasi yang sudah dimiliki wali kelas. Dari sinilah para wali kelas mengetahui lebih jauh bagaimana sifat dan karakter siswa asuhannya.

Selain dengan orangtua siswa, wali kelas juga berkoordinasi dengan guru mata pelajaran dan guru bimbingan di sekolah. Wali kelas akan mendapat tambahan masukan informasi mengenai sikap dan tingkah laku serta kemajuan belajar siswa.
Biodata dan hasil konsultasi dengan orangtua siswa, guru mata pelajaran dan guru bimbingan dan konseling  menjadi acuan wali kelas dalam membimbing siswa.  Tujuan yang hendak dicapai adalah kemajuan belajar siswa menjadi optimal dan karakter siswa berkembang dengan baik.

Jelaslah bahwa peran wali kelas tidak hanya berkaitan dengan kemajuan belajar siswa. Wali kelas bukan hanya sekadar mengurus administrasi siswa, mengisi dan membagikan rapor hasil belajar siswa kepada orangtua siswa.
Simak : Peran Ganda Wali Kelas di Sekolah
Lebih dari itu adalah mempelajari, memahami dan mengembangkan karakter siswa menjadi karakter positif secara optimal. Hal ini sesuai dengan misi pengembangan pendidikan karakter di lembaga sekolah dimana salah satu komponen yang mendapat peran ini adalah wali kelas.

Karakter positif yang hendak dikembangkan oleh wali kelas antara lain menghormati guru dan menghargai sesama siswa, disiplin belajar, kreativitas, budaya dan tradisi sesuai norma agama dan sosial dan lain sebagainya.
Pola pengembangan pendidikan karakter oleh wali kelas di sekolah melalui doktrin, pembiasaan, contoh dan suri tauladan. Dengan pola ini akan menghantarkan peran wali kelas dalam pendidikan karakter menjadi optimal. 

0 Response to "Peran Wali kelas dalam Pendidikan Karakter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel