Plus Minus Pemasangan Kamera Pemantau di Ruang Kelas

Plus minus pemasangan kamera pemantau di ruang kelas – Terhitung sejak awal semester genap tahun pelajaran 2017/2018, sebanyak 8 ruang belajar di SMPN 2 Lintau Buo telah dipasang unit CCTV (Closed Circuit Television). Sedangkan satu unit lagi dipasang di bagian depan kantor majelis guru yang mengarah pada pintu gerbang sekolah.

siswa belajar,kamera emantau
Ilustrasi siswa sedang belajar terpantau kamera CCTV (pixabay.com)

Apa plus dan minus pemasangan kamera CCTV itu di ruang kelas? Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Fauzi, S.Pd dalam suatu kesempatan breefing rutin beberapa hari lalu (8/1) menyampaikan bahwa pemasangan kamera CCTV bertujuan untuk memudahkan pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah dan pengawas pendidikan.

“Dengan telah dipasang kamera CCTV pada ruang kelas tersebut akan mendorong, terutama siswa, untuk bertindak dan bertingkah laku yang lebih selama belajar karena mereka sedang dipantau melalui kamera tersebut” kata kepala sekolah. 

Selain itu akan meningkatkan kedisiplinan siswa maupun guru dalam mengajar, mendorong terciptanya proses pembelajaran ke arah yang lebih baik. 


Pemantauan proses belajar mengajar mengajar di ruang kelas merupakan langkah efektif dalam program evaluasi dan tindak lanjut proses pembelajaran di ruang kelas. Tidak hanya bagi guru dan murid yang dipantau, lebih penting lagi bagi kepala sekolah yang memantau.

Disinilah pentingnya peran kepala sekolah dalam pendidikan. Seorang kepala sekolah melakukan pembinaan terhadap guru dalam menjalankan pembelajaran di ruang kelas. Jika kepala sekolah mengetahui ada kejanggalan atau kekeliruan melalui pemantauannya, sebaiknya terhadap guru bahkan murid tersebut dilakukan pendekatan dan pembinaan.

Akan tetapi plus dan tujuan pemasangan kamera pemantau tersebut akan sulit tercapai .Bahkan pemasangan kamera pemantau di setiap ruangan kelas akan mubazir dan tidak banyak manfaatnya, jika tidak diikuti oleh kesadaran positif bagi guru maupun siswa.

Disadari atau tidak, pemantauan proses pembelajaran melalui kamera pemantau (CCTV) tidak menjamin meningkatnya kedisiplinan guru dan murid dalam pembelajaran.

Bahkan pemasangan kamera pemantau bernilai minus seperti dampak psikologis terhadap guru maupun siswa. Boleh jadi guru dan murid merasa terkekang sehingga segala sesuatunya dimodifikasi dan dibuat-buat selama pembelajaran berlangsung supaya berlangsung terlihat baik.

Namun demikian pemasangan kamera pemantau CCTV), paling tidak akan mengubah mindset para guru dan siswa untuk menciptakan proses pembelajaran bermakna dan berkualitas. Mudah-mudahan..

0 Response to "Plus Minus Pemasangan Kamera Pemantau di Ruang Kelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel