Begini Proses Konveksi Saat Pemanasan Air

Begini proses konveksi saat pemanasan air – Anda pasti sudah sering memanaskan air untuk berbagai keperluan. Misalnya membuat secangkir kopi, susu, kopi susu, teh dan lain sebagainya. Pernahkah anda mengamati dan berpikir tentang proses apa yang terjadi pada saat pemansan air itu?

konveksi,zat cair,pemanasan air
Proses konveksi pemanasan air dengan panci pemanas (matrapendidikan.com)

Artikel tentang ilmu fisika ini pun berawal ketika admin matrapendidikan.com hendak membuat segelas kopi. Kebetulan admin tidak memiliki ketel pemanas listrik. Yang digunakan untuk memanaskan air adalah panci pemanas air.

Air dalam panci dipanaskan dengan menyalakan kompor gas. Setelah mengisi panci dengan air sekitar satu gelas air, kemudian dipanaskan. Disinilah dimulainya proses pemanasan air dari suhu normal menjadi suhu 100 derajat Celcius (titik didih air).

Proses konveksi pada zat air

Panas atau kalor suatu zat dapat berpindah dengan cara tertentu. Saah satu cara perpindahan panas disebut dengan istilah konveksi (aliran). Konveksi merupakan proses perpindahan panas yang disertai oleh partikel zatnya.

Contoh paling dekat dengan peristiwa ini terjadi pada saat pemanasan air dalam suatu wadah, misalnya panci pemanas. Panas yang berasal dari api kompor gas berpindah ke wadah panci secara konduksi.

Panci atau wadah air menerima panas dari api kompor gas secara konduksi sehingga air pada dasar panci akan mengalami pemuaian dan partikelnya menjadi renggang. Ini akan menyebabkan perbedaan massa jenis air pada bagian bawah dan permukaan panci.
Karena massa jenis air bagian bawah berkurang maka partikel air terdorong ke permukaan panci, dan otomatis tempatnya digantikan oleh air yang turun ke dasar wadah panci sehingga terbentuk aliran.air dalam panci pemanas. Hal ini berlangsung sampai suhu air mendidih pada suhu 100 derajat Celcius.

0 Response to "Begini Proses Konveksi Saat Pemanasan Air"

Posting Komentar