Rencana Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Osis

Rencana kegiatan latihan dasar kepemimpinan osis – Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dinilai banyak membawa manfaat terhadap kepemimpinan di suatu lembaga atau instansi. Pada level Osis di sekolah, kegiatan LDK bagi pengurus Osis akan membekali siswa  tentang bagaimana berorganisasi yang baik,.

Pembina Osis baru (kiri) bersama rekan sejawat dalam rangka lobying rencana kegiatan LDK (doc.matrapendidikan.com)

Kegiatan LDK dilaksanakan setelah pengurus Osis terpilih atau menjelang pengurus Osis dilantik di sekolah. Setelah dilantik menjadi pengurus maka siswa telah memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai tentang organisasi dan kepemimpinan.

Berdasar hal tersebut, Pembina Osis SMPN 2 Lintau Buo, Edy Samsul, berencana untuk melaksanakan kegiatan LDK bagi pengurus Osis periode 2017/2018. Langkah utama yang dilakukan antara lain memasukkan LDK dalam jenis kegiatan pada Program Kerja Pembina Osis dan menyusun proposal kegiatan LDK tersebut.

“Mumpung sampai saat ini, pengurus Osis belum dilantik. Pembina Osis dan pembina kegiatan ekstrakurikuler memiliki kesempatan untuk melakukan lobi dengan unsur pimpinan sekolah serta rekan majelis guru dan tenaga administrasi,” ujar Edy samsul, Pembina Osis SMPN 2 Lintau Buo.

Upaya lobiying yang dilakukan pembina Osis kepada unsur pimpinan, pembina kegiatan ekstrakurikuler, majelis guru dan tenaga tata usaha bertujuan untuk mendapatkan dukungan penuh dari semua unsur sekolah dalam melaksanakan program kerja Pembina Osis ini.

“Kalau tidak salah, jika rencana ini terlaksana berarti untuk pertama kali LDK diadakan di sekoalh ini.  Selain itu, kegiatan LDK membutuhkan biaya pelaksanaan tidak kurang Rp. 1,5 juta. Kegiatan direncanakan hanya sehari dengan mendatangkan narasumber dari dalam kecamatan dan luar kecamatan. Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari pertemuan di ruangan dan kegiatan outbond,” papar Edy Samsul.

Akan tetapi kata pembina Osis itu, biaya kegiatan tidak akan dibebankan kepada orangtua/wali murid. Sasaran utama pembiayaan LDK adalah Dana BOS untuk pos  kegiatan siswa dan sumbangan dari para donatur.

Ketika ditanya kru matrapendidikan.com tentang kegiatan LDK dilaksanakan sebelum pelantikan pengurus Osis, pembina Osis baru itu mengatakan, “Semestinya memang begitu, LDK dilaksanakan bagusnya sebelum pelantikan. Akan tetapi dalam kondisi dan keadaan tertentu di sekoalh, kegiatan LDK bisa saja dilaksanakan setelah pelantikan pengurus,”

Seperti diinfokan sebelumnya, Pengurus Osis SMPN 2 Lintau Buo terpilih Periode 2017/2018 akan dilantik Senin (22/1) mendatang..Dito Ditya Matari, Ketua Osis terpilih pada pemilihan awal september 2017 lalu, beserta rekan pengurus lainnya akan dilantik dalam suatu upaca khuss setelah upacara bendera rutin.

0 Response to "Rencana Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Osis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel