Resolusi Blogging Tahun 2018

Resolusi blogging tahun 2018 – Bisnis online adsense dalam rentang waktu 2 tahun terakhir boleh dikatakan mengalami kelesuan. Pendapatan (earnings) publisher menurun yang disebabkan banyak hal. Penghasilan tidak lagi sebanding dengan pengeluaran dalam mengelola blog.

resolusi blogging,2018,matra pendidikan
Ilustrasi resolusi ngeblog 2018 (pixabay.com)

Tidak mengherankan jika  banyak publisher di luar sana yang mulai enggan, kalau tak boleh dikatakan berhenti, untuk mengurus blog mereka. Namun ada juga yang mencari penghasilan pasif (passive income) ini dengan beralih mencari alternatif lain selain adsense.  Itu hal yang wajar.

Di sisi lain, pihak google sendiri terus mengadakan penyempurnaan dengan berbagai terobosan dalam layanan bisnis online. Hasilnya, semua itu belum menampakkan hasil yang signifikan, terutama sekali buat admin blog matrapendidikan.com. Apalagi di bulan terakhir 2017, pengunjung blog pun turun menukik tajam pada level terendah.

Justru di awal tahun baru 2018 ini, kami memperbaharui semangat untuk memasok energi guna menggerakkan tekad dan keinginan agar tetap eksis mengelola blog. Setiap usaha pasti ada hasilnya. Banyak atau sedikit hasilnya, itu persoalan kedua.  

Apa saja resolusi ngeblog 2018 ini?

1.Update postingan lebih sering

Update postingan sebuah blog adalah ‘kewajiban’ blogger agar artikel-artikel blog tetap segar saban hari. Dengan demikian pengunjung akan tetap memiliki animo untuk datang sehingga trafik pengunjung kembali stabil.

2.Meningkatkan partisipasi pengunjung.

Selain gencar update artikel sendiri, kami juga berusaha meningkatkan partisipasi pengunjung dan blogger lai untuk berkontribusi di blog ini. Salah satunya dengan mengefektifkan promosi ‘kirim artikel’ kepada pengunjung terutama sekali para guru dan pelajar.

3.Meningkatkan Promosi

Saat ini kami telah mencoba promosi blog di facebook ads dan google adwords. Jika sebelumnya belum menunjukkan hasil yang signifikan terhadap penghasilan adsense maka di tahun 2018 ini akan lebih diefektifkan.

Salah  satunya adalah meningkatkan anggaran untuk promosi dan mempelajari cara beriklan yang efektif dan potensial mendatangkan pengunjung ke blog. Namun cara ini akan mubazir bila tidak memahami cara beriklan efektif di media promosi yang ada.

4.Menambah blog 

Awal Desember 2017 lalu, kami telah meluncurkan sebuah blog bertema makanan dan minuman tradisional khas Minangkabau. Blog dengan judul Boga Unik ini sebagai pendamping Matra Pendidikan sehingga jumlah tampilan laman dan tayangan iklan pada dashboard adsense meningkat.

Di tahun 2018 ini, blog kuliner tradisonal ini juga akan lebih diefektifkan sehingga berpengaruh pada peningkatan earnings adsense.

Demikianlah 4 resolusi utama admin blog matrapendidikan.com di tahun 2018 ini. Mudah-mudahan resolusi ini berjalan lancar dan memperoleh hasil yang signifikan.

4 Responses to "Resolusi Blogging Tahun 2018"

  1. Hampir Mirip dengan Resolusi yg saya tulis di Blog DWISU web id Da...saya juga mau nambah blog tapi bukan utk adsense tapi buat jualan.Kalau blog adsense sudah banyak 5 mau nambah nggak kuat updatenya.Saya juga nambah p[egnhsiland ari YT Da...Lumyan loh Uda gak pengin main yt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Agak mirip dengan poin 4. Hanya saja saya cuma nambah 1 blog saja...

      Hapus
  2. semoga resolusi bloggingnya bisa berjalan dg lancar ya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel