3 Tips Penting untuk Siswa Mengkuti Belajar Tambahan di Sekolah

3 Tips penting untuk siswa mengikuti belajar tambahan di sekolah – Apakah Anda seorang siswa yang akan, atau sedang mengikuti belajar tambahan di sekolah? Kalau iya, mungkin pembahasan berikut ini perlu anda lanjutkan membacanya. Oke?

tips,cara,belajar tambahan
Ilustrasi siswa belajar tambahan (matrapendidikan.com)

Belajar tambahan dalam pembahasan artikel ini bukan belajar tambahan layaknya les private atau bimbingan belajar (bimbel). Melainkan belajar tambahan yang diadakan oleh sekolah, setelah siswa mengikuti pembelajaran reguler pagi sampai siang.

Wah, pasti capek belajar terus di sekolah dari pagi sampai sore. Bagi siswa kelas terakhir suatu jenjang pendidikan (SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/K)  memang harus ekstra keras belajar di sekolah.

Hal itu disebabkan para siswa akan mengikuti ujian akhir sekolah (UAS) dan ujian nasional (UN). Nilai yang diperoleh menjadi salah satu penentu dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Lalu, bagaimana siswa dapat mengikuti belajar tambahan sore di sekolah dengan baik? Coba ikuti tips penting berikut ini.

1.Jagalah kondisi fisik

Siswa perlu menjaga kondisi fisik agar tetap fit mengikuti belajar pagi maupun belajar tambahan sore. Jika belajar pagi siswa sudah mulai loyo dan ngantuk, akan sulit untuk mengikuti belajar tambahan sore dengan baik.
Agar kondisi fisik siswa tetap fit dan semangat belajar tetap terjaga maka siswa perlu istirahat atau tidur yang cukup di malam hari. Usahakan untuk tidur sebelum pukul sepuluh malam, kurangi kebiasaan bergadang sampai larut malam.

2.Usahakan sarapan pagi

Usahakan untuk sempat sarapan pagi sebelum berangkat sekolah. Sarapan akan membantu kondisi fisik siswa tetap baik sampai jam tertentu di sekolah. Inilah salah satu fungsi sarapan pagi bagi siswa.
Pada jam istirahat berlangsung, segeralah untuk jajan di kantin sekolah. Usahakan jajan dengan makanan sehat dan mengenyangkan. Begitu pula dengan minuman yang ada di kantin sekolah.

3.Bawalah bekal makan siang

Belajar tambahan sore di sekolah dimulai dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama dari berakhirnya pembelajaran reguler. Manfaatkan oleh siswa waktu yang relatif singkat ini untuk istirahat, makan siang dan sholat  di sekolah.
Oleh sebab itu sebaiknya siswa membawa bekal makan siang di sekolah. Selain itu perangkat sholat serta buku-buku yang diperlukan saat belajar tambahan sore. Jika hal ini sudah dipersiapkan oleh siswa sebelum berangkat sekolah maka siswa akan dapat mengikuti belajar tambahan sore dengan tenang dan nyaman.

Dengan mengikuti 3 tips di atas, minimal siswa dapat mengikuti belajar tambahan sore di sekolah secara optimal. Mudah-mudahan.

0 Response to "3 Tips Penting untuk Siswa Mengkuti Belajar Tambahan di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel