Apa Di Planet Lain Juga Terjadi Gerhana?

Apa di planet lain juga terjadi gerhana? – Bulan merupakan satu-satunya satelit yang dimiliki bumi. Berdasarkan data angka yang diperoleh dari berbagai sumber, bulan memiliki diameter berukuran 2.476 km dan jaraknya ke bumi 384.400 km. Sementara itu, bumi memiliki diameter yang lebih besar dari bulan, yaitu 6.790 km.

gerhana,planet,satelit
Ilustrasi planet, satelit dan matahari (pixabay.com)

Oleh sebab itu bulan beredar mengelilingi bumi akibat pengaruh grafitasi bumi lebih besar dari grafitasi bulan. Selain berevolusi terhadap bumi, bulan juga berevolusi terhadap matahari. Lintasan revolusi bumi serta planet lain berbentuk elips.  Pada suatu saat, posisi bulan – bumi - matahari atau bumi – bulan – matahari, akan berada pada satu garis lurus.

Simak : Mengapa Terjadi Gerhana Bulan?
Itulah salah satu penyebabnya terjadi gerhana. Jika posisi bulan – bumi – matahari dalam satu garis lurus maka terjadi gerhana bulan. Sedangkan posisi dimana bumi – bulan - matahari berada dalam satu garis lurus akan terjadi gerhana matrahari.

Beradasarkan pernyataan di atas, apakah pada planet lain juga terjadi gerhana seperti halnya di planet bumi? Apa syarat terjadinya gerhana matahari atau bulan pada suatu planet?

Untuk sementara, mungkin dapat dikatakan bahwa setiap planet yang memiliki satelit, berkemungkinan juga mengalami peristiwa gerhana., baik gerhana matahari maupun gerhana satelit (sesuai nama satelit) pada planet itu.

Mari kita lanjutkan membahasnya. Menurut Van Laerhoven dari University of British Columbia, syarat terjadinya gerhana jika dilihat dari suatu planet adalah planet itu memiliki satelit. Satelit itu harus berdiameter besar. Agar terjadi gerhana matahari pada suatu planet maka diameter satelit harus berukuran besar sehingga dapat menutupi permukaan cakram matahari. 

Nah, mari kita analisa data tentang planet lain berikut ini.

Selain bumi, planet lain yang juga memiliki satelit adalah Mars (2 satelit), Yupiter (16), Saturnus (17), Uranus (5) dan Neptunus (2 satelit). Planet Mars memiliki 2 satelit yaitu Phobos dan Deimos. Keduanya memiliki ukuran diameter berbeda, Phobos (22 km) dan Deimos lebih kecil dari angka itu. 

Tentu saja ukuran ini jauh lebih kecil dari diameter bulan (2.476 km). Jarak satelit Phobos ke planetnya (Mars) 5.955 km (bulan ke bumi 384.633 km).

Sedangkan planet lain, seperti Jupiter (planet terbesar) memiliki 16 satelit dan satelit terbesar bernama Ganymede (satelit terbesar di tatasurya). Saturnus dengan 17 satelit dan terbesar bernama Titan. Uranus (5 satelit dan terbesar Ariel dan Neptunus 2 satelit  dengan Triton satelit terbesar.

Planet dan sateli tersebut juga berotasi pada porosnya, berevolusi terhadap planet sekaligus terhadap matahari.  

Gerhana satelit di Mars

Gerhana satelit pernah teramati di Mars. Seperti dikutip Nationalgraphyc Indonesia dari daily mail, gerhana ‘bulan’nya yang terjadi di planet mars, bukan karena posisi antara satelit, planet dan matahari, melainkan karena bayangan satelit Phobos menutupi permukaan satelit Deimos.

Hal ini terjadi ketika Phobos mendekati planetnya (Mars) sedangkan satelit Deimos menjauhinya. Ini terjadi pada tanggal 1 Agustus 2013 lalu .Jarak Phobos ke mars 5.955 kilometer (bulan ke bumi 384.633 kilometer).

Karena ukuran diameter kedua satelit yang dimiliki planet Mars berukuran kecil, maka kecil kemungkinannya terjadi gerhana matahari dan kalau pun terjadi itu hanay gerhana matahari sebagian.

Bagaimana dengan gerhana matahari di planet lain? Planet yang memiliki satelit berukuran kecil berkemungkinan tidak mengalami gerhana matahari. Sebaliknya planet Neptunus, Jupiter, Saturnus dan uranus, yang memiliki satelit dengan ukuran diameter besar akan mengalami gerhana matahari.

Dapat disimpulkan bahwa di planet lain juga terjadi gerhana dengan syarat planet itu memiliki satelit dan ukuran diameternya cukup besar untuk menutupi cakram permukaan matahari.

Demikianlah tinjauan dan analisa sederhana tentang kemungkinan terjadinya gerhana pada planet lain.

0 Response to "Apa Di Planet Lain Juga Terjadi Gerhana?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel