Apa Manfaat Kompetisi Gala Siswa Indonesia?

Apa manfaat kompetisi gala siswa indonesia? – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerja sama dengan KONI dan PSSI telah meluncurkan kompetisi baru dalam olahraga sepakbola Indonesia, yaitu Gala (Liga Sepakbola) Siswa SMP. Kompetensi gala Siswa ini telah digelar awal Januari lalu.

pembinaan,sepakbola siswa,gala siswa
Usia SMP maasa yang tepat untuk pembinaan altlet berprestasi di bidang olahraga sepakbola (doc.matrapendidikan.com)

Ketiga lembaga ini telah menyiapkan format atauran penyelenggaraan mulai dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat nasional.Lalu, apa sasaran yang hendak dicapai melalui kompetisi Gala Siswa SMP tersebut?

Simak : Gala Siswa SMP Tingkat kecamatan Akan Digelar

1.Pembinaan karakter

Jika kita telisik, anak usia SMP adalah masa yang labil dan bergejolak bagi seorang anak. Oleh sebab itu diperlukan pembinaan dan pengembangan terhadap karakter anak, termasuk bakat dan potensi yang tersimpan pada diri anak.

Tujuan penyelenggaraan Gala Siswa SMP sejalan dengan Program Pengembangan Pendidikan Karakter (PPPK) di lembaga sekolah melalui olahraga khususnya sepakbola.

Di sisi lain, usia SMP menyimpan potensi untuk disalurkan kepada hal positif melalui berbagai wadah. Khusus bakat dan minat  anak di bidang olahraga disalurkan melalui wadah atau ajang kompetisi yang dikenal dengan Gala Siswa..

Kenapa sepakbola cocok untuk pengembangan karakter siswa di sekolah? Olahraga khususnya, sepakbola mengandung nilai fairplay, sportif dan disiplin serta kerjasama. Nilai-nilai ini sesuai dengan karakter positif yang sedang dikembangkan di lembaga sekolah.

2.Anak Indonesia sehat

Selain itu, anak usia SMP adalah masa pertumbuhan fisik bagi anak. Pembentukan fisik melalui olahraga sesungguhnya menyiapkan anak Indonesia yang memiliki kesehatan dan kebugaran sekaligus meraih prestasi di bidang olahraga. Sepakbola adalah salah satu olahraga fisik, dan fisik anak yang memadai akan berpeluang untuk berprestasi bagus.

3.Bibit atlet berprestasi

Di sisi lain, atlet berprestasi di bidang olahraga sering dimulai ketika anak memasuki masa sekolah terutama usia SMP. Oleh sebab itu pembinaan olahraga berprestasi sepakbola seyogyanya dimulai sejak dini di lembaga sekolah khususnya usia SMP.
Baca juga : Sekolah Berpotensi Ciptakan Olahragawan Berprestasi
Demikian pembahasan tentang manfaat diselenggarakannya kompetisi Gala Siswa SMP. Semoga menjadi bahan inspirasi bagi kita semua.

0 Response to "Apa Manfaat Kompetisi Gala Siswa Indonesia?"

Posting Komentar