Manfaat Kegiatan Muhadharah di Sekolah

Manfaat kegiatan muhadharah di sekolah -  Program pendidikan yang dilaksanakan di sekolah bersifat terencana, terpadu dan terarah. Dilaksanakan dalam bentuk kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Namun semua kegiatan itu bertujuan untuk membekali siswa dalam berbagai matra; kognitif (intelektual), afektif (sikap dan tingkah laku) dan psikomotorik (keterampilan).

muhadharah,manfaat,sekoalh
Dua siswa dari Osis, Jingga dan Vita tampil sebagai penceramah dalam kegiatan muhadharah di sekolah (matrapendidikan.com)

Pendidikan karakter merupakan salah satu konsep matra afektif dan menjadi sasaran utama kegiatan pendidikan di sekolah. Pengembangan karakter siswa ditempuh melalui berbagai kegiatan pembinaan kesiswaan. 

Muhadharah di sekolah

Salah satu bentuk program kegiatan kesiswaan adalah muhadharah (latihan berpidato). Kegiatan ini dilaksanakan secara periodik setiap hari Jumat pagi. Pelaksana kegiatan muhadharah adalah setiap kelas secara bergiliran. Namun setiap minggu pertama awal bulan dilaksanakan oleh Osis.

Muhadharah termasuk pembinaan kesiswaan dalam sekretaris bidang I (Pembinaan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.). Gurup pembina bidang ini di SMPN 2 Lintau Buo adalah Rocestri, S.Pd.I, M.Pd.

Sedangkan anggota pengurus Osis yang tergabung dalam bidang I antara lain Ronal Dwi Kurnia, Viona Patricia dan Trisya Benyela. Siswa ini bertugas menyiapkan kegiatan muhadharah di sekolah setiap Jumat.

Seperti halnya kegiatan Kultum (kuliah Tujuh Menit) muhadharah memiliki susunan tersendiri. Mulai dari pembukaan oleh pembawa acara, kemudian Tilawah dan sari Tilawah, pidato oleh dua orang siswa serta diakhiri dengan sambutan dari wali kelas atau guru pembina.

jab sri,guru pembina
Jab Sri Arinda, S.Pd memebrikan sambutan dalam kegiatan muhadharah di sekolah (matrapendidikan.com)

Manfaat kegiatan muhadharah

Muhadharah akan bermanfaat bila kegiatan ini dilaksanakan dengan baik dan diikuti oleh peserta dengan serius. Ada pun manfaat kegiatan muhadharah antara lain:

1.Melatih dan membiasakan siswa berpidato/berceramah
2.Membiasakan siswa untuk tampil berbicara di depan umum
3.Melatih siswa untuk terampil berkomunikasi di depan oarng banyak.
4.Melatih siswa berdakwah amar ma’ruf nahi munkar
5.Membekali calon dai dan orator yang siap jadi pemimpin di masa datang
Demikianlah pembahasan tentang kegiatan muhadharah di sekolah dan manfaatnya bagi siswa. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Kegiatan Muhadharah di Sekolah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel