Tujuan pemanasan dalam Berolahraga

Tujuan pemanasan dalam berolahraga – Latihan olahraga di sekolah selalu diawali dengan kegiatan pemanasan (warming up). Kenapa siswa harus melakukan kegiatan pemanasan sebelum latihan olahraga? Bagaimana jika berolahraga tanpa didahului dengan pemanasan?

pemanasan,warm up,olahraga
Siswa sedang menjalani kegiatan pemanasansebelum berolahraga (matrapendidikan.com)

“Kegiatan pemanasan itu sangat penting dilakukan sebelum berolahraga. Tidak hanya bagi siswa di sekolah, semua orang yang akan berolahraga perlu melakukan kegiatan pemanasan,” tutur Hary Delfingra, S.Pd kepada admin matrapendidikan.com beberapa hari lalu.

Seperti diungkapkan guru Penjaskes SMPN 2 Lintau Buo ini, kegiatan pemanasan bertujuan untuk mempersiapkan bagian-bagian anggota tubuh, seperti sendi, otot, tulang dan bagian lain dalam melakukan aktivitas olahraga..

“Secara khusus, kegiatan pemanasan sebelum latihan olahraga bertujuan untuk mempersiapkan tubuh terutama dalam meningkatkan frekuensi jantung dan pengendoran otot sehingga kondisi emosional, fisiologis dan psikologis siap untuk melaksanakan berbagai macam latihan olahraga” kata Hary..

Jika siswa tidak melakukan pemanasan terlebih dulu dikhawatirkan siswa akan mengalami cedera, apalagi saat latihan olahraga berat seperti sepakbola, lontar peluru, dan lain sebagainya.

Dalam suatu kesempatan, admin matra pendidikan memperhatikan sekelompok siswa sedang melakukan pemanasan di tengah lapangan sekolah. Kegiatan pemanasan dipandu oleh seorang siswa dan gerakan pemandu diikuti oleh siswa lainnya.

Para siswa melakukan gerakan-gerakan tubuh secara serempak sehingga menarik perhatian. Gerakan pemanasan nyaris mirip dengan senam kesegaran jasmani namun pemanasan ini tidak menggunakan musik sebagai latarbelakangnya.

1 Response to "Tujuan pemanasan dalam Berolahraga"

  1. Sebagai salah satu orang yang hoby jogging, sudah pasti sebelum jogging saya pemanasan dulu, kalau enggak yah efeknya jadi kurang enak pas larinya, kaya kaku gitu, atau seenggaknya lari - lari kecil buat pemanasan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel