Mengenal Nanas Kerang Sebagai Tanaman Hias dan Border Taman

Mengenal nanas kerang sebagai tanaman hias dan border taman – Anda siswa atau pun guru, mungkin sering melihat tanaman yang satu ini. Tanaman hias sederhana namun teduh dan cantik alami ini banyak dijumpai di taman. Taman kelas, taman sekolah, taman kota bahkan menjadi tanaman hias di rumah.

nanas kerang,tanaman hias,border taman
Nanas kerang sebagai border tanaman induk pada taman kelas (matrapendidikan.com)

Namanya nanas kerang. Mulanya tanaman yang mudah tumbuh di tanah lembab ini digunakan orang sebagai pengobatan herbal. Daun maupun bunga nanas kerang mengandung zat saponin dan tanin. Dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti; TBC, batuk rejan, batuk berdahak, flu, disentri, luka bakar dan terkilir.

Namun akhir-akhir ini berkat sentuhan nilai artistik nanas kerang juga dijadikan sebagai tanaman hias Sebagai tanaman hias, nanas kerang berfungsi sebagai border tanaman utama, seperti gambar di atas.

Gambar tersebut adalah hasil jepretan kamera tablet Samsung yang diambil di taman kelas IX.B SMPN 2 Lintau Buo. Kreasi siswa kelas IX.B ini cukup bagus yang digunakan sebagai bordr tumbuhan di taman dan di lingkari oleh pecahan batu bata bekas.

Nanas kerang (tradescantia spathacea) memiliki anatomi tinggi anatara 30 – 40 Cm, batang tak bercabang, pendek, kasar dan lurus. Sedangkan daunnya panjang dan lebar namun mudah patah. Berwarna hijau dan merah ungu.

Jika berbunga, nanas kerang terbentuk bunga majemuk berwarna putih yang muncul di ketiak daun. Terbungkus kelopak daun seperti kerang dengan mahkota bunga berbentuk mahkota segi tiga.

Memang, nanas kerang menjadi alternatif sebagai border taman sekaligus bunga hias di taman sekolah maupun taman di depan gedung kelas.

0 Response to "Mengenal Nanas Kerang Sebagai Tanaman Hias dan Border Taman"

Posting Komentar