Peran Alumni dalam Memajukan Kegiatan Sekolah

Peran alumni dalam memajukan kegiatan sekolah – Kemajuan suatu sekolah ditentukan oleh unsur-unsur yang terkait langsung dengan proses pendidikan di sekolah itu. Unsur dimaksud adalah guru, orangtua siswa dan pemerintah. Guru adalah ujung tombak penyelenggaraan proses pendidikan di sekolah.

alumni,peran alumni,kemajuan sekoalh
Para alumni berdiskusi di sekolah membicarakan kemajuan kegiatan ekstrakurikuler juniornya (Wahdani R/matrapendidikan.com)

Orangtua siswa melalui komite sekolah berperan penting dalam mendongkrak kemajuan sekolah. Peran itu terwujud melalui dukungan material maupun spiritual. Sementara itu pemerintah berperan dalam mengakomodasi kelancaran pendidikan secara material maupun teknis dan bimbingan.

Di samping unsur-unsur tersebut, sekolah juga mempunyai aset sumberdaya manusia yang dapat berperan dalam kemajuan kegiatan sekolah. Aset dimaksud adalah alumni dari sekolah yang tergabung dalam ikatan maupun organisasi yang mereka bentuk.

1.Peran motivator

Para alumni berperan sebagai motivator belajar bagi adik-adiknya yang sedang menimba ilmu di sekolah. Alumni adalah siswa tamatan suatu sekolah yang telah melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau telah terjun ke tengah masyarakat dengan berbagai profesi dan pekerjaan.

Kunjungan alumni ke sekolah merupakan motivasi tersendiri bagi adik-adiknya agar belajar dengan rajin. Kunjungan para alumni tidak terbatas pada kunjungan resmi secara berkelompok. Kunjungan mandiri pun sudah sangat berarti, tidak hanya oleh adik-adiknya melain juga bagi guru yang masih aktif mengajar di sekolah.

Sebaliknya siswa hari ini akan menjadi alumni bagi suatu sekolah. Mereka akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Suatu saat mereka akan terjun ke tengah masyarakat dengan berbagai profesi dan jabatan. Bukan mustahil para alumni akan datang kembali ke sekolah tersebut untuk mengajar atau membimbing siswa.

b.Peran bimbingan

Peran alumni yang lainnya adalah memberikan bimbingan teknis kepada juniornya dalam melaksanakan kegiatan kesiswaan di sekolah. Para alumni tersebut sudah berpengalaman dalam berkegiatan Osis di sekolah. Oleh sebab itu mereka bersedia membagikan ilmunya kepada adik-adiknya yang tengah berkegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

c.Peran akomodasi

Peran alumni memajukan sekolah juga direalisasikan melalui akomodasi material sesuai dengan kondisi masing-masing alumni. Mereka dapat mengakomodasi kebutuhan juniornya dalam berkegiatan di sekolah, misalnya kegiatan lomba dan pertandingan di sekolah.

Mengingat pentingnya peran alumni dalam memajukan sekolah maka pihak sekolah perlu membuka jalan dan jembatan komunikasi dengan para alumni. Jembatan komunikasi ini akan membuka ruang silaturrahmi antara alamamater dengan para alumni.

Sebaliknya, para alumni juga melirik jalan dan jembatan tersebut sehingga tidak menjadi hambatan psikologis bagi mereka untuk berkontribusi memajukan sekolah tempat dimana mereka dulu menimba ilmu dan pengetahuan.

Komunikasi dan silaturahmi antara sekolah dan para alumni tidak hanya terbuka saat momen tertentu saja. Misalnya momen buka bersama (bukber), reuni saat lebaran, dan lain sebagainya. Justru komunikasi dan silaturrahmi dapat berlangsung setiap ada kesempatan atau kegiatan sekolah.

0 Response to "Peran Alumni dalam Memajukan Kegiatan Sekolah"

Posting Komentar