Siswa Perlu Evaluasi Diri dan Tindak Lanjutnya

Siswa perlu evaluasi diri dan tindak lanjutnya – Siswa kelas IX baru saja menyelesaikan try out ujian kedua. Sedangkan kelas VII dan VIII menyelesaikan ujian tengah semester ganjil. Hasil kedua jenis ujian tersebut akan dapat dilihat hasilnya dalam waktu dekat. Momentum ujian tersebut menjadi langkah tepat bagi siswa untuk mengevaluasi diri bagi siswa.

amanat,pembina,upacara
Jab Sri Arinda, S.Pd bertindak selaku pembina upacara (matrapendidikan.com)

Demikian intisari amanat pembina upacara bendera pada kegiatan upacara bendera rutin di SMPN 2 Lintau Buo, Senin, (19/03/18). Jab Sri Arinda, S.Pd, selaku pembina upacara pada kesempatan tersebut menekankan amanatnya pada pentingnya semua siswa untuk mengevaluasi diri agar tidak menyesal di kemudian hari.

“Penyesalan itu datangnya di kemduian hari oleh sebab itu semua siswa perlu mengevaluasi diri dengan hasil ujian tengah semester bagi siswa kelas VII dan VIII maupun try out ujian nasional bagi kelas IX yang sudah dijalani,”   kata Wakil Kepala sekolah Bidang Kurikulum di hadapat peserta upacara.

Lebih jauh guru bahasa Inggris tersebut juga mengingatkan langkah-langkah yang harus ditempuh siswa dalam rangka tindak lanjut hasil evaluasi diri siswa agar tidak kecewa di kemudian hari.

Salah satu langkah yang cukup penting adalah mengubah kebiasaan belajar siswa yang salah di sekolah. Siswa sering bermain-main ketika jam belajar di ruang kelas, meninggalkan kelas saat pergantian jam pelajaran.

Yang tak kalah penting diubah adalah kebiasaan melanggar disiplin berpakaian dan berpenampilan di sekolah. Masih banyak siswa yang tidak memakai atribut atau perlengkapan upacara seperti topi dan dasi. Begitu pula model dan warna sepatu yang melanggar aturan berseragam harian di sekolah.

“Meskipun demikian masih ada waktu untuk mengevaluasi diri dan memperbaiki kebiasaan belajar dan berdisiplin untuk mencapai kesuksesan siswa,” pungkas Jab Sri Arinda, S.Pd, Waka Kurikulum saat menutup amatanya.

0 Response to "Siswa Perlu Evaluasi Diri dan Tindak Lanjutnya"

Posting Komentar