Tiga Perkara yang Tak Akan Putus Amalannya

Tiga perkara yang tak akan putus amalannya – Setiap yang bernyawa termasuk manusia pasti akan menemui ajalnya. Hanya saja manusia itu sendiri tidak akan pernah mengetahui kapan ia menemui ajalnya masing-masing. Oleh sebab itu manusia harus menjalani dan mengisi hidupnya dengan amal kebaikan.

tiga perkara,mengalir pahala
Ilustrasi perkara yang tak akan putus amalannya (pixabay.com)

Jika manusia telah meninggal dunia maka putuslah amalannya dengan dunia. Nabi Muhammad SAW bersabda :
Jika seseorang telah meninggal dunia maka putuslah segala amalannya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang shaleh. (HR.Muslim)

Demikian disampaikan Pembina Osis SMPN 2 Lintau Buo, Edy Samsul dalam sambutannya dalam kegiatan Muhadharah rutin di sekolah tersebut, Jumat (09/03/18). Dalam acara Muhadharah dengan pelaksana Osis tersebut, Pembina Osis mengupas 3 perkara dimaksud dalam hadist Rasulullah SAW tersebut.

1.Sedekah Jariyah

Yaitu amalan sedekah yang terus mengalir pahalanya walaupun orang tersebut telah meninggal dunia. Misalnya, siswa berinfak dan bersedekah untuk memperbaiki fasilitas mushalla berupa  tempat berwudhuk dan WC.

Tentunya masih banyak amalan lainnya yang termasuk sadakah jariyah. Amalan tersebut dikerjakan dengan ikhlas dalam kerangka fastabiqul khairat (berlomba untuk kebaikan).

2.Ilmu yang bermanfaat

Mengajarkan orang lain ilmu yang bermanfaat dan orang tersebut mengamalkannya maka amalannya akan tetap mengalir meskipun ia sudah meninggal dunia. Ilmu bermanfaat artinya ilmu yang berguna untuk kemaslahatan orang lain maupun masyarakat banyak.

3.Anak yang sholeh

Anak yang sholeh adalah anak yang selalu mendoakan orangtuanya. Salah satu cirinya adalah anak yang taat beribadah dan rajin beramal shaleh. Maka beruntunglah orangtua yang memiliki anak sekoalh yang shaleh meskipun orangtuanya telah meninggal.

Demikian rangkuman isi ceramah pembina Osis di hadapan siswa peserta muhadharah di sekolah tersebut.

0 Response to "Tiga Perkara yang Tak Akan Putus Amalannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel