3 Langkah Penting dalam Membuat Artikel Bagi Pemula

3 Langkah penting dalam membuat artikel bagi pemula – Bagaimana menghasilkan sebuah artikel dalam bentuk ketikan atau tulisan? Pertanyaan ini sebenarnya sudah umum diajukan oleh seseorang pemula yang ingin membuat artikel.

langkah,membuat,artikel
Ilustrasi membuat artikel (pixabay.com)

Pemula dalam batasan ini bukan berarti buta sama sekali tentang membuat artikel. Sudah paham tentang tata bahasa dan ejaan serta seluk beluk menulis namun selalu ragu untuk menulis atau merasa tidak bisa membuat sebuah artikel.

Membuat artikel adalah pekerjaan untuk menghasilkan suatu artikel dalam bentuk tulisan maupun ketikan. Jika artikel masih dalam bentuk tulisan tangan, penulis artikel perlu mengetikkannya pada kertas melalui sarana ketikan yaitu mesin ketik. Tapi ini cara dulu dalam membuat artikel.

Cara kini? Sudah semakin maju dan mudah untuk dilakukan. Artikel dapat diketik langsung melalui komputer/lapotop bahkan andoird. Aplikasi word pada media tersebut bisa disimpan filenya untuk diri sendiri sehingga biasa dibuat cetakannya (print-out). Bisa juga file ini di kirim ke media lain seperti media cetak dan internet.

Banyak media cetak maupun internet yang bisa dijadikan publikasi artikel yang sudah dibuat. Cukup dikirim filenya melalui email dari media cetak atau blog/web yang diingini.

Sekarang, bagaimana langkah-langkah menghasilkan sebuah artikel yang siap dipublikasikan?  Nah, coba ikuti 3 langkah membuat artikel berikut ini!

1.Tulis atau ketik apa yang dipikirkan dan dirasakan

Langkah pertama adalah menuangkan ide atau gagasan yang sudah banyak bersarang di pikiran dan perasaan. Dapat ditulis dengan alat tulis melalui kertas. Atau bisa juga diketikkan pada aplikasi word yang ada pada komputer/laptop maupun android.

Pokoknya, tulis atau ketik saja  dulu semua apa yang terasa dan terpikirkan Jika sudah menemui jalan buntu, berhentilah dan jangan paksakan untuk menulis atau mengetik.. Simpan dulu draft tulsan atau save segera apa yang sudah diketik sehingga bisa dibuka kembali file tersebut jika kemauan mengetik muncul kembali.

Tindakan barusan adalah memendam tulisan atau ketikan untuk sementara. Bila muncul kembali kemauan menulis atau mengetik, silahkan sambung kembali apa yang pernah dibuat. Begitulah seterusnya..

Ingat, saat menulis, menulislah dulu. Begitu pula halnya mengetik, ketiklah dulu. Jangan pikirkan untuk mengeditnya langsung. Kalau berpikir untuk mengeditnya langsung, ide atau gagasan lain yang ada di kepala atau di perasaan, dikhawatirkan akan hilang.

2.Coba-coba untuk merapikan artikel

Setelah banyak tulisan atau ketikan yang dibuat, silahkan susun menjadi beberapa paragraf. Penyusunan ini tergantung pada pokok pikiran yang disampaikan pada setiap paragraf.

Soal penyusunan ini, anda pasti sudah mengetahuinya. Sebab, pengertian pemula disini seperti yang dikatakan di awal artikel ini, bukan berarti belum tahu sama sekali tentang kalimat dan paragraf.

3.Menyunting ulang artikel

Jika artikel buatan anda sudah tersusun menjadi beberapa paragraf dan anda sudah merasa sudah cukup, maka langkah selanjutnya adalah menyunting (mengedit) artikel tersebut. Tahap penyuntingan ini boleh dikatakan tahap penting dalam membuat artikel sebelum dipublikasikan.

Jika artikel yang anda hasilkan melalui tulisan tangan dirasa sudah cukup, silahkan ketik tulisan anda pada aplikasi word di komputer/laptop atau android. Bagi yang sudah mengetik di aplikasi word komputer/laptop atau android, siap-siaplah mengirimnya ke media yang ada supaya artikel buatan anda bisa dibaca orang lain.

Demikianlah pembahasan tentang 3 langkah membuat artikel yang siap dikirim ke media yang diingini. Mudah-mudahan bermanfaat dan membantu anda pemula, yang merasa ragu membuat artikel. Tunggu apa lagi? Jangan habiskan waktu anda untuk selalu mempelajari teori membuat artikel, sebaliknya sedikit waktu untuk mempraktikkannya.

0 Response to "3 Langkah Penting dalam Membuat Artikel Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel