Analisa Soal Ujian IPA Tentang Cermin Cekung

Analisa soal ujian IPA tentang cermin cekung – Konsep pemantulan cahaya dipelajari siswa SMP/MTs di kelas VIII. Konsep ini membahas tentang pemantulan pada cermin.  Dan ini termasuk salah satu materi yang diujikan dalam Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional. Soal yang diujikan berupa pemantulan pada cermin datar, cekung maupun cermin cembung.

Pada kesempatan ini akan dianalisa sebuah soal tentang pemantulan pada cermin cekung yang diujikan pada Ujian Sekolah Berstandard Nasional (USBN) mata pelajaran IPA SMP/MTs di Kabupaten Tanah Datar. Soalnya seperti ini:

Benda diletakkan di depan cermin seperti gambar.

soal ujian,cermin cekung,sifat bayangan


Terbentuk bayangan nyata dengan perbesaran 2 kali. Jika benda digeser 8 Cm mendekati cermin, maka bayangan yang terbentuk bersifat....

A.nyata, terbalik, diperbesar
B.nyata, terbalik, sama besar
C.maya, tegak,diperbesar
D.maya, terbalik, sama besar

Analisa soal:

Jika benda berada 15 cm di depan cermin maka perbesaran bayangan (M) = 2 kali. Kemudian benda digeser 8 cm mendekati cermin. Artinya, jarak benda (So) sekarang (15 – 8 ) cm = 7 cm. Nah, sifat bayangan pada jarak 7 cm inilah yang menjadi pokok soal cermin cekung ini.

Pembahasan

Sifat bayangan pada posisi benda (So) = 15 cm diketahui dengan cara mencari jarak bayangan dan fokus cermin, sebagai berikut.
M = Si/So
2 = Si/15
Si = 30 cm. (jarak bayangan)

Untuk mencari fokus cermin:
1/f = 1/S0 + 1/Si
1/f = 1/15 + 1/30
f = 10 Cm (jarak fokus cermin cekung)

Fokus cermin 10 cm dan jarak benda 15 cm. Benda berada di ruang II  maka bayangan benda berada di ruang III (karena jml ruang benda + jumlah ruang bayangan = 5). Maka sifat bayangannya adalah:

       -       nyata ( karena bayangan di depan cermin pada jarak 30 cm)
       -       terbalik (karena bayangan benda di depan cermin cekung selalu terbalik)
      -       diperbesar ( karena jarak benda 15 cm dan bayangannya 30 cm sehingga perbesarannya menjadi 2 kali).

Tapi ingat!
Sifat bayangan benda itu saat benda pada jarak 15 cm di depan cermin cekung. Sedangkan perintah soal, benda digeser 8 cm mendekatti cermin.  Kalau begitu jarak benda sekarang (So) = 7 cm. Bagaimana sifat bayangannya pada posisi ini?

Fokus cermin telah diketahui 10 cm (tidak berubah), yang berubah adalah jarak benda menjadi 7 cm, maka:
1/f = 1/So + 1/Si
1/Si = 1/f – 1/So
1/Si = 1/10 – 1/7
1/Si = -3/10
Si = -10/3
Si = -3,3 cm

Jadi, jarak fokus 10 cm, jarak benda = 7 cm, benda berada di ruang I maka bayangannya di ruang IV (dibelakang cermin, pada jarak 3,3 cm). Maka sifat bayangannya adalah:
      -       maya
      -       tegak
-          -        diperbesar

Kunci jawaban : C

Catatan: Soal ini kurang cocok untuk soal pilihan ganda karena menuntut jawaban yang sistematis dan terstruktur. Jawabannya cukup panjang jika diukur menurut ukuran tingkat berpikir anak SMP.

Simak juga : Cara Menentukan Jarak dan Sifat Bayangan Benda
Jika dijadikan soal pilihan ganda, sebaiknya dihilangkan kalimat, "Jika benda digeser 8 Cm mendekati cermin" agar butir soal lebih efektif.

0 Response to "Analisa Soal Ujian IPA Tentang Cermin Cekung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel