Rekreasi, Cara Guru Siapkan Siswa Hadapi USBN

Rekreasi, cara guru siapkan siswa hadapi usbn – Berbagai cara guru di sekolah untuk menyiapkan siswa menghadapi ujian sekolah (US). Namun demikian, apapun cara yang dilakukan tujuannya adalah sama. Siswa siap secara materi pelajaran maupun secara psikis dalam menjalani ujian dan memperoleh hasil seoptimal mungkin.

kereta wisata,wahana rekreasi,mifan
Kereta wisata salah satu wahana wisata di Mifan Water Pak (matrapendidikan.com)

Persiapan materi ujian dilakukan dengan mengadakan belajar tambahan di luar jam pelajaran pokok di sekolah. Sedangkan persiapan psikologis dilakukan dengan memberikan motivasi, menggembirakan siswa atau membuat rileks pikiran siswa untuk menghadapi ujian sekolah tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah mengadakan kegiatan rekreasi ke tempat-tempat tertentu dan menyenangkan bagi siswa. Cara ini juga dilakukan oleh guru di SDN 12 Pangian, Kecamatan Lintau Buo, Kab.Tanah Datar, Sabtu (07/04/18).

Sebanyak 26 siswa kelas VI yang akan mengikuti Ujian Sekolah telah mengikuti kegiatan rekreasi. Siswa SD akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada tanggal 3 sampai 5 Mei mendatang.

Rekreasi ke Mifan Water Park

Rombongan dari SDN 12 Pangian diberangkatkan dengan 2 unit armada bus pariwisata. Dalam rombongan tidak hanya guru dan siswa melainkan juga orangtua/wali siswa sehingga memenuhi dua unit angkutan darat tersebut.

Setiap siswa didampingi oleh orangtua/wali masing-masing. Seperti terungkap oleh pimpinan rombongan, Elfi Sesmita, S.Pd, yang juga kepsek SDN 12 pangian, pelibatan orangtua/wali dalam iven rekreasi ini bertujuan agar siswa dapat dibimbing langsung oleh orangtua/wali. Sehingga tujuan rekreasi tercapai secara efektif dan efisien.

Destinasi rekreasi yang dipilih berdasarkan kesepakatan dengan orangtua/wali murid adalah Mifan Water Park, Padang Panjang. Tujuan rekreasi tunggal ini agar siswa lebih menikmati suasana alam yang hijau sekaligus bermain dengan media air.

Wahana bermain air

Minang Fantasi (Mifan) Water Park berlokasi di kota Padang Panjang. Sekitar pukul 09.30 WIB, rombongan SDN 12 Pangian telah sampai di Kota Padang Panjang nan sejuk namun masih di selimuti kabut tipis.

Di pinggiran Silaing, rombongan memasuki area Pusat Dokumentasi Informasi dan Kebudayaan Minagkabau(PDIKM). Setelah melewati jalan mendaki dan menurun serta berliku-liku, rombongan sampai di gerbang Mifan Water Park.

Meskipun di akhir pekan, pengunjung Mifan belum begitu ramai ketika rombongan sampai di area Water Park (Taman basah). Susana di area Water Park begitu nyaman dan sejuk. Rombongan sejenak beristirahat memandang ke sekitar area taman rekreasi yang dilatarbelakangi oleh perbukitan hijau.

1.Seluncur
Di area Water Park terdapat wahana rekreasi bermain basah. Misalnya, tempat seluncur. Tempat seluncur ini ada dua, tempat seluncur tertutup yang panjangnya mencapai 100 meter dan berliku-liku.

wahana seluncur,mifan,water park
Seluncur tertutup dan seluncur terbuka, dua wahana seluncur (matrapendidikan.com)

Yang banyak digunakan oleh anak-anak adalah tempat seluncur terbuka (open slide) yang terdiri 4 jalur. Seluncur ini lurus, digunakan oleh anak-anak sebagai tempat balapan seluncur dengan menggunakan plastik seluncur menyerupai tikar.

2.Kolam ember tumpah
Kolam air tumpah adalah sebuah kolam dangkal untuk anak-anak yang ingin berseluncur. Namun di atas seluncur terdapat sebuah bak ember dinamis. Ember ini secara otomatis terisi sampai penuh oleh sumber air.

kolam,ember tumpah
Kolam ember tumpah, wahana menarik bagi anak-anak sekolah (matrapendidikan.com)

Ketika sudah penuh, ember ini akan menumpahkan air dan menyebar. Saat ini anak-anak akan tertawa gembira melihat air tumpah dan bertebaran memancar lebar.

3.Kolam ombak
Kolam ombak adalah sejenis kolam yang dimodifikasi sehingga iarnya berombak menyerupai ombak laut. Kolam ombak ini terjadi dalam periode waktu tertentu. Setelah siap membuat ombak akan terdengar sirine menyerupai bunyi sirine kapal laut.

Bila mendengar sirine ini, anak-anak akan bergegas menuju ke kolam ombak. Pemandangan seperti ini akan terlihat ketika ada bunyi sirine, pertanda kolam ombak dimulai.

4.Kereta wisata
Kereta wisata adalah kereta dengan loko yang dimodifikasi menyerupai kereta api uap tempo dulu. Terdiri dari dua gerbong penumpang yang terlihat cukup meriah. Kereta wisata buatan ini akan mengelilingi area water park.

kereta wisata,mifan
Rombongan SDN 12 Pangian naik kereta wisata di Mifan Water park (matrapendidikan.com)

Rombongan SDN 12 Pangian kembali ke luar arena Water Park menaiki kereta wisata. Sungguh mengasyikkan bagi anak-anak sekolah, apalagi setelah capek berenang dan berseluncur di masing-masing wahana water park.

Itulah paparan perjalanan wisata SDN 12 Pangian di Mifan water Park Padang Panjang dalam rangka rekreasi untuk menghadapi USBN pada tanggal  3 sampai 5 Mei 2018.

0 Response to "Rekreasi, Cara Guru Siapkan Siswa Hadapi USBN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel