Jangan Anda Remehkan Terong Ungu!

Jangan anda remehkan terong ungu! - Kalau ada tanaman sayur yang paling merakyat di negeri ini maka salah satunya adalah terong. Kenapa? Hampir semua orang sudah mengenal tanaman terong ini. Mudah dibudidayakan oleh siapa saja. Tidak punya lahan luas untuk bertanam terong?

khasiat,terong ungu,kesehatan
Terong ungu, salah satu jenis terong yang berkhasiat untuk kesehatan (Rahid S/matrapendidikan.com)

Di lahan sempit sekalipun, seperti di pekarangan rumah, terong dapat ditanam dengan mudah. Untuk menghemat areal pekarangan, terong dapat ditanam dengan media kantung plastik (polybag).

Hal seperti itu juga dilakukan oleh Sritamarlina, istri rekan kontributor matrapendidikan.com Rahid Sikumbang. Kebetulan, Rahid mengirim gambar dan deskripsi tentang panen perdana terong ungu yang ditanam di halaman rumah dengan media kantung plastik.

Terong ungu, jangan remehkan

Penamaan terong oleh masyarakat tergantung pada warna kulit terong tersebut. Ada terong hijau karena kulitnya berwarna hijau. Dan, terong ungu, yang menjadi pembahasan kita kali ini, adalah terong yang kulitnya berwarna ungu.

tanaman,terong ungu,budidaya
Tanaman terong ungu mudah dibudidayakan (Rahid S/matrapendidikan.com)

Agaknya terong ungu termasuk jenis terong istimewa. Dari segi kulit, terong ungu memiliki kulit lebih tebal dibanding terong lainnya. Jika digoreng akan terasa lezat dengan sensasi kulitnya dapat dikupas.

Sebagian orang sengaja mengolah terong ungu menjadi sambalado terong. Di daerah Lintau sendiri, terong ungu diolah menjadi Sambal Pacah Taruang. “Onde mande, sabana lamak rasonyo”.

Sekali-sekali jangan remehkan terong apalagi terong ungu. Terong memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya, mengkonsumsi terong dapat meningkatkan kinerja otak.
Hal ini karena terong banyak mengandung mineral, kalsium, vitamin K  untuk pertumbuhan sel-sel otak. Selain itu terong kaya akan serat yang berguna untuk perncernaan. Tentu masih banyak lagi khasiat dari terong untuk kesehatan tubuh anda.

0 Response to "Jangan Anda Remehkan Terong Ungu!"

Posting Komentar