Prinsip Fisika Lomba Membawa Kelereng dengan Sendok

Prinsip fisika lomba membawa kelereng dengan sendok – Kegiatan memeriahkan Hardiknas di SDN 12 Pangian Lintau Buo diisi dengan berbagai jenis perlombaan. Salah satunya yang cukup menarik adalah lomba membawa kelereng. Peserta lomba yang terdiri dari orangtua dan anak membawa kelereng yang ditaruh di atas sendok makan yang ujungnya digigit di mulut.

prinsip fisika,lomba kelereng,sendok
Orangtua dan anak dalam lomba membawa kelereng dengan sendok (Era EY/matrapendidikan.com)

Pemenangnya adalah peserta yang berhasil membawa kelereng sampai ke garis finish. Tentu saja lomba ini tidak mudah dilaksanakan karena perlu keahlian tersendiri agar kelereng tidak jatuh sebelum menyentuh garis finish. Selain itu, pserta lomba harus berkonsentrasi penuh dalam membawa kelereng di atas sendok sambil berjalan.

Ternyata, membawa kelereng dengan sendok menerapkan prinsip-prinsip fisika. Prinsip fisika dimaksud antara lain prinsip keseimbangan dan hukum I Newton.
Kelereng itu bulat dan memilikiki gaya gesek yang sangat kecil. Oleh sebab itu kelereng mudah bergulir, apalagi dalam sendok makan yang licin. Peserta harus menjaga keseimbangan sendok makan yang digigit ujung tangkainya saat berjalan atau bergegas.

Kalau pun sendok bergulir tak melewati cembungan sendok makan agar tidak keluar dan jatuh. Tanpa keseimbangan kelereng akan mudah bergulir dan jatuh sehingga peserta lomba dinyatakan gagal.
Baca juga : Memeriahkan Hardiknas Orangtua dan Anak Ikut Berlomba
Selain prinsip keseimbangan, membawa kelereng di atas sendok makan juga menerapkan prinsip hokum I Newton. Benda akan cenderung diam bila dalam keadaan diam dan akan bergerak bila dalam keadaan  bergerak. Hukum ini sering juga dikenal dengan hokum kelembaman.

0 Response to "Prinsip Fisika Lomba Membawa Kelereng dengan Sendok"

Posting Komentar