Perlu Tingkatkan Pantauan Orangtua Terhadap Anak di Rumah

Perlu tingkatkan pantauan orangtua terhadap anak di rumah – Para orangtua/wali murid diharapkan dapat meningkatkan pemantauan sekaligus membantu anak belajar di rumah. Memantau anak dengan pengertian mengawasi segala aktivitas anak selama berada di rumah. Selain itu orangtua harus jeli mengamati hal-hal yang dapat mengganggu pikiran anak selama belajar di rumah.

rapat koordinasi,orangtua siswa,UN
Pertemuan koordinasi dengan orangtua siswa dalam menghadapi UNBN dan UN (matrapendidikan.com)

Hal itu disampaikan Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Fauzi, S.Pd dihadapan orangtua siswa kelas IX pada pertemuan koordinasi di Ruang Laboratorium IPA SMPN 2 Lintau Buo, Selasa (03/04/18) lalu.

Pertemuan koordinasi pihak sekoalh dan orangtua siswa tersebut diadakan  dalam rangka penyerahan hasil Try Out dan persiapan anak untuk mengahadapi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs, 23 April mendatang.

“Banyak hal yang mungkin mengganggu kegiatan belajar anak di rumah. Namun yang paling menonjol adalah gadget yang dibelikan orangtua kepada anaknya. Untuk itu itu orangtua perlu mengambil tindakan terhadap gadget anak tersebut. Kalau perlu orangtua mengamankan gadget anak, selama mempersiapkan maupun saat mengikuti UN.” tegas Fauzi, S.Pd.

Lebih jauh kepala sekolah mengingatkan para orangtua agar membantu anak belajar di rumah. Membantu anak belajar tidak mesti ikut bersama anak atau mendampingi anak selama belajar. Menyediakan fasilitas belajar, menciptakan suasana nyaman di rumah, termasuk langkah orangtua untuk membantu anak belajar di rumah.

Kepala Sekolah juga menyinggung persyaratan kelulusan siswa dari suatu sekolah. Siswa dinyatakan lulus dengan syarat memiliki kepribadian yang baik, lulus UNBN dengan nilai minimal 60 serta lulus UN.

Sebelum menghadapi UN, siswa  kelas IX SMP/MTs terlebih dulu akan menghadapi Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) dari tanggal 09 sampai 16 April. Artinya selang antara USBN dengan UN hanya seminggu.

Sebelumnya pihak sekolah telah menyetop segala bentuk kegiatan ekstrakurikuler, khusus untuk siswa kelas IX agar mereka fokus dalam mengahadapi dua ujian penting, USBN dan UN.  

0 Response to "Perlu Tingkatkan Pantauan Orangtua Terhadap Anak di Rumah"

Posting Komentar