Anak Sekolah Zaman Sekarang, Memang Hebat

Anak sekolah zaman sekarang, memang hebat – Kenapa tidak? Pada bulan puasa Ramadhan, anak sekolah masih tetap bersekolah. Meskipun itu hanya sekitar seminggu atau dua minggu saja. Program belajar anak sekolah, berorientasi pada penguatan pendidikan karakter.

berjualan makanan,bulan puasa,libur sekoalh
Ilustrasi jualan makanan berbuka puasa di sore hari (pixabay.com)

Mereka belajar dalam paket program pesantren kilat. Program ini tidak hanya di sekolah tetapi juga dilaksanakan di mushalla atau masjid terdekat dengan sekoalah. Pada tahun pelajaran ini, anak tidak hanya belajar, melainkan juga ada yang menjalani ujian naik kelas atau ujian semester genap. Hebat bukan?
Bagaimana anak sekolah jaman dulu? Kalau bulan puasa datang, anak sekolah pada liburan sebulan penuh. Liburan sekolah sampai 40 hari lamanya. Mungkin anak-anak sekolah banyak yang bermain saja. Namun tidak sedikit yang memanfaatkan waktu liburan panjang itu untuk membantu orangtua, termasuk saya sendiri.

Kalau bulan puasa datang, kegiatan saya lebih banyak membantu orangtua. Ke sawah, ke ladang, bahkan mencari uang buat menambah belanja lebaran. Ketika bulan Ramadhan datang, maka saatnya untuk jualan cendol, pisang rebus dan tape singkong sepanjang kampung. Sebenarnya tidak saya sendiri seperti itu. Teman-teman di kampung saya juga seperti itu.

Ketika hari lebaran Idul Fitri sudah di ambang pintu, saya dan adik-adik mencari talang (buluh) ke hutan belantara. Talang itu nantinya digunakan untuk membuat lemang. Membuat lemang adalah tradisi turun temurun di kampung saya.
Malam harinya tidak ada kegiatan lain selain shalat Isya dan tarwih di masjid atau mushalla. Tempat ibadah penuh oleh anak-anak sekolah dan orangtua. Kadang-kadang di sekitaran masjid atau mushalla menyerupai pasar malam. Orang-orang berjualan penganan anak-anak. Setelah itu anak-anak bubaran dan segera tidur. Begitulah setiap malam selama bulan puasa Ramadhan.
Demikianlah satu sisi perbedaan anak sekolah zaman sekarang dengan anak sekolah zaman dulu. Tentu saja, jika diurai lebih luas akan banyak sisi lain yang akan dapat dibedakan oleh kita semua..

0 Response to "Anak Sekolah Zaman Sekarang, Memang Hebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel