Kegiatan Pembelajaran di Bulan Ramadhan, Ini Contohnya

Kegiatan pembelajaran di bulan ramadhan, ini contohnya – Pada umumnya lembaga sekolah/madrasah tetap menjalankan kegiatan pembelajaran selama bulan Ramadhan. Namun bentuk pelaksanaan kegiatannya tergantung pada kebijakan masing-masing daerah yang diterjemahkan oleh masing-masing sekolah/madrasah..

kegiatan ramadhan,pembelajaran,sekolah
Daftar kegiatan keagamaan bulan ramadhan 1439/2018 SMPN 2 Lintau Buo (matrapendidikan.com)

Untuk Kabupaten Tanah Datar, libur memasuki bulan Ramadhan berlangsung 16 sampai 19 Mei. Berikutnya, 21 sampai 26 Mei berlangsung ujian kenaikan kelas. Sedangkan pemerimaan rapor kenaikan kelas 9 Juni 2018.

Apa kegiatan siswa di sekolah selesai ujian kenaikan kelas dan menunggu penerimaan rapor?

Selama bulan Ramadhan siswa melaksanakan kegiatan positif di sekolah maupun di rumah. Kegiatan siswa di rumah menjalankan amaliyah wajib dan sunat yang ditandai dengan bukti fisik buku agenda bulan Ramadhan.
Di sekolah, siswa menjalankan program pembelajaran yang berorientasi kegiatan Peninkatan Ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa.. Nah, untuk keperluan pembahasan ini diambil contoh bentuk kegiatan siswa di bulan Ramadhan di SMPN 2 Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Kegiatan pembelajaran dimulai pukul 08.00 WIB setiap hari dan berakhir pukul 13.00 WIB. Berikut rinciannya:

1.Tadarus

Tadarus merupakan kegiatan membaca al qur’an secara perorangandan bergiliran atau secara bersamaan. Tadarus akan bermakna jika satu orang membaca al qiur’an dan yang lainnya mendengarkan atau menyimak.

Kegiatan ini dipandu oleh guru mata pelajaran di ruang kelas. Guru pembimbing hendaknya dapat menjelaskan kepada siswa, satu atau dua ayat dengan arti dan penjelasan makna ayat al qur’an yang telah dibaca.

2.Hafalan al qur’an

Kegiatan menghafal ayat-ayat al qur’an (tahfizul qur’an) oleh masing-masing siswa dan dipandu oleh guru mata pelajaran.

3.Shalat dhuha

Shalat dhuha termasuk salah satu shalat sunat yang dianjurkan. Shalat ini dilaksanakan ketika waktu dhuha, waktu dimana matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya.

Siswa minimal melaksanakan shalat dhuha 2 raka’at namun boleh juga sebanyak dua belas raka’at.di Mushalla Nurul Ilmi, mushalla SMPN 2 Lintau Buo.

4.Kegiatan keagamaan

Kegiatan keagamaan lainnya terdiri dari ceramah oleh guru pembina dan siswa. Kemudian diiringi dengan kegiatan pengumpulan infak, sadaqah sebagai penerapan nilai-nilai karakter positif siswa.

5.Shalat zuhur berjamaah

Shalat zuhur berjamaah merupakan akhir dari kegiatan pembelajaran siswa di sekolah. Shalat zuhur didampingi oleh semua guru dengan pelaksana dari siswa. Azan, iqamah dan imam dilakukanoleh siswa secara bergiliran.
Demikianlah contoh bentuk kegiatan pembelajaran siswa selama bulan Ramadhan di sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut dibimbing oleh semua guru dalam alokasi waktu tertentu.

0 Response to "Kegiatan Pembelajaran di Bulan Ramadhan, Ini Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel