3 Kekuatan untuk Memperbaiki Kinerja Dunia Pendidikan

3 Kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan – Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di SMPN 2 Lintau Buo berlangsung hidmad, Rabu (02/05/18). Sementara itu pelaksana upacara bendera adalah anggota Passusbra dibawah binaan R.Hidayartullah, A.Md.Kom.

hardiknas,sambutan tertulis,mendikbud
Pembina upacara membacakan sambutan tertulis mendikbud RI pada peringatan Hardiknas di SMPN 2 Lintau Buo (Rahid S/matrapendidikan.com)

Jab Sri Arinda, S.Pd bertindak selaku pembina upacara dan dalam amanatnya Waka Kurikulum SMPN 2 Lintau Buo ini membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Efendy.

Dalam sambutan tertulisnya, Muhadjir Efendy mengingatkan kembali Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang dicanangkan oleh Presiden RI  Djoko Widodo. Untuk menerapkan gerakan tersebut diperlukan Program Penguatan pendidikan karakter (PPK) yang diundangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017.

Program ini mendapat dukungan dari masyarakat luas sehingga telah diimplementasikan dalam berbagai kegiatan ditengah masyarakat.

Muhadjir Efendy mengajak semua insan pendidikan dan kebudayaan untuk mencontoh konsep tripusat pendidikan yang telah diterapkan oleh Kihajar Dewantoro, Bapak Pendidikan Indonesia..

Konsep Tripusat  Pendidikan adalah model sinergisitas penerapan pendidikan anak di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat. Ketiga lingkungan pendidikan ini saling bersinergi dalam mengembangkan pendidikan karakter dan literasi warga.

Tripusat pendidikan harurs menjadi lahan subur dalam penyemaian nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, dan gotong royong. Oleh sebab itu pemahaman dan kesadaran insan pendidikan dan kebudayaan sangat dibutuhkan dalam memacu percepatan pengutan pendidikan karakter dan literasi masyarakat.

Penguatan pendidikan karakter dan literasi masyarakat menjadi ruh dalam meningkatkan kinerja pendidikan dan kebudayaan di negeri ini kata Mendikbud RI dalam sambutan tertulisnya.

Seperti yang telah dipublikasikan pada artikel sebelumnya, Hardiknas 2018 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan di setiap lembaga sekolah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hardiknas ditandai dengan Pekan Peringatan Hardiknas yang telah dibuka oleh Mendikbud RI di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Memperbaiki kinerja dunia pendidikan memang harus bertumpu pada 3 kekuatan pendidikan, yaitu sekolah, rumah dan masyarakat. Masalahnya sekarang adalah bagaimana konsep yang telah dibentuk sedemikian rupa dalam memperbaiki kinerja dunia pendidikan dapat diimplementasikan dalam praktik pendidikan sehari-hari.

Semoga! Selamat Hari pendidikan Nasional, 2 Mei 2018.

0 Response to "3 Kekuatan untuk Memperbaiki Kinerja Dunia Pendidikan"

Posting Komentar