Kelulusan Siswa Seratus Persen? Itu Sudah Lumrah

Kelulusan siswa seratus persen, itu sudah lumrah – Ada yang menarik dari rapat dewan guru di sekolah, khususnya di SMPN 2 Lintau Buo. Rapat tersebut berlangsung di tengah suasana puasa di bulan Ramadhan, Senin (28/05) lalu. Apa agenda rapat dewan guru di tengah bulan Ramadhan itu?

rapat,dewan guru,kelulusan siswa,un
Suasana dalam rapat dewan guru untuk menetapkan kelulusan siswa (Rahid S/matrapendidikan.com)

Rapat penentuan kelulusan siswa dalam Ujian Nasional (UN) ! Kebetulan sekolah ini menerapkan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP). Rapat penentuan kelululusan dihadiri oleh seluruh personel sekolah.

Siswa kelas 9 SMPN 2 Lintau Buo yang berjumlah 118 siswa dinyatakan lulus 100 persen dalam rapat dewan guru yang bertempat di Ruang Laboratorium IPA SMPN 2 Lintau Buo.

Tentu tidak ada istimewanya kalau siswa suatu sekolah lulus 100 %.alias hal biasa. Semua siswa yang mengikuti UN lulus 100 persen seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun yang cukup melegakan dan membuat mata dewan guru agak terbuka adalah perolehan nilai siswa pada UN tahun ini.

Terjadi peningkatan rata-rata hasil UN di sekolah dibanding tahun lalu. Misalnya, mata pelajaran Bahasa Indonesia naik dari rata-rata 63,59 menjadi 65,20.  Bahasa Inggris naik dari 41,44 menjadi 47,30 dan IPA naik dari 43,37 menjadi 44,20. Satu-satunya yang mengalami penurunan adalah Matematika, turun dari 41,87 turun sedikit menjadi 39,00.

Jadi yang luar biasa bukanlah kelulusan seratus persen melainkan peningkatan perolehan rata-rata hasil UN di sekolah. Hanya saja, pihak sekolah tidak memberitahu posisi atau peringkat sekolah di tingkat kabupaten.

0 Response to "Kelulusan Siswa Seratus Persen? Itu Sudah Lumrah"

Posting Komentar