Lebih Dekat dengan Drs Jalinus, Kepala SMPN 5 Batusangkar

Lebih dekat dengan drs jalinus, kepala smpn 5 batusangkar – Suatu ketika saya mengantarkan anak untuk mendaftar ke SMPN 5 Batusangkar, SMP unggulan di Kabupaten Tanah Datar yang dikelola oleh pemerintah daerah. SMP ini telah banyak mengukir prestasi akademik dan non akademik di tingkat kabupaten, provinsi bahkan tingkat nasional.

drs jalinus,pelantikan kepsek,smpn 5 bsk
Drs. Jalinus saat pelantikan kepala sekolah dan pengawas di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah datar (matrapendidikan.com)

Saat itulah saya berjumpa dengan teman lama. Teman lama? Ya, teman semasa kuliah dulu di IKIP Padang (kini UNP) program Pendidikan Fisika. Teman senasib dan sepenanggungan di tempat kost di era delapan puluhan. Namun dia lebih beruntung karena dapat diwisuda tepat pada waktunya dan langsung diangkat menjadi PNS guru di SMPN 2 Manggilang Kab. 50 Kota.

Siapakah dia yang menjadi sosok matrapendidikan.com kali ini? Siapa lagi kalau bukan Drs. Jalinus, Kepala SMPN 5 Batusangkar. Putra kelahiran Padang Ganting, 03 April 1968 ini diangkat menjadi kepala sekolah unggul ini 25 September 2017 lalu.

Menikah dengan Zeldefina, S.Pd 12 Mei 1995 dan telah dikarunia dua orang anak, masing-masing Prima putra dan Yayang Fauziah. Prima saat ini tengah mengikuti kuliah di Teknik Sipil Unand sedangkan Yayang mau masuk perguruan tinggi.

Guru fisika yang jenius

Ketika masih kuliah, Jalinus seorang mahasiswa fisika yang cukup jenius. Ia diwisuda tepat pada waktunya dengan nilai sangat memuaskan. Usai wisuda pada program D3 Fisika, Jalinus langsung diangkat menjadi PNS guru.

Di samping tugas mengajar, Jalinus juga mengikuti program S1 Fisika di IKIP Padang dan menyelesaikan tepat pada waktunya sehingga memperoleh gelar doktorandus. .  

Sebagai guru SMP, Jalinus cukup aktif dalam sanggar MGMP Kab. 50 Kota sehingga ia menjadi instruktur mata pelajaran Fisika. Kemudian diangkat menjadi instruktur fisika Provinsi Sumatera Barat.

Sebagai instruktur, suami Zeldefina, S.Pd (Guru Matematika SMPN 1 Sungai Tarab) ini cukup kreatif dalam menggali ide pembelajaran fisika. Hal itu disampaikannya dalam kesempatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Guru Mata Pelajaran Fisika SMP di Sumatera Barat.

Menjadi kepala sekolah

Setelah belasan tahun bertugas di SMPN 2 Manggilang, Jalinus mutasi ke SMPN 5 Batusangkar sebagai guru mata pelajaran fisika. Kemudian diangkat menjadi kepala sekolah swasta di kampung halamannya. Reputasinya yang bagus membuat Jalinus diangkat menjadi Kepala SMPN 1 Padang Ganting.

Selanjutnya pemerintah daerah memberikan amanah kepada Jalinus untuk memimpin SMPN 5 Batusangkar. Pelantikannya dilaksanakan di gedung Indo Jalito Batusangkar, 25 September 2017 lalu.

Semoga ke depannya, Drs. Jalinus lebih sukses lagi dalam memimpin lembaga pendidikan sekolah, khususnya SMPN 5 Batusangkar.

0 Response to "Lebih Dekat dengan Drs Jalinus, Kepala SMPN 5 Batusangkar"

Posting Komentar