Menjamin PPDB OTA di SMPN 5 Batusangkar

Menjamin ppdb ota di smpn 5 batusangkar – Prosesi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada sekolah yang dikelola oleh Pemerintah Daerah (Pemda) sudah selesai pada bulan Mei 2018 ini. Contohnya, sekolah yang diselenggarakan oleh Pemda Tanah Datar, SMAN 3 Batusangkar dan SMPN 5 Batusangkar. Namun untuk sekolah pemerintah pusat akan berlangsung pada awal Juni 2018 ini.

menjamain,ppdb,ota,smpn5batusangkar
Pengumuman hasil seleksi PPDB di SMPN 5 Batusangkar, transparan, akuntabel dan objektif (matrapendidikan.com)

Sistem PPDB Tahun Pelajaran 2018/2019 merujuk pada Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 tentang  Penerimaaan Peserta Didik baru pada TK, SD, SMP, SMA, SMK atau yang sederajat . Permendikbud ini menggantikan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017

Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 dinilai sesuai dengan perkembangan kebutuhan layanan pendidikan. Peraturan ini menjamin PPDB berjalan objektif, transparan dan akuntabel (OTA) dan mendorong peningkatan akses layanan pendidikan.

Sekolah yang diselenggarakan oleh Pemda, sebagaimana tertuang dalam pasal 3 dan 4 Permendikbud dimaksud, proses PPDB harus melalui tahapan pengumuman secara terbuka penerimaan calon siswa baru sampai tahap penetapan siswa setelah proses pendaftaran ulang pada sekolah bersangkutan.

Hal itu dilakukan secara terbuka informasi dan proses penerimaan siswa baru melalui berbagai media yang mendukung di daerah bersangkutan.

PPDB di sekolah juga menerapkan sistem zonasi. Sekolah menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona terdekat dari sekolah paling sedikit 90 persendari total keseluruhan psiswa yang akan diterima sebagaimana pasal 15 Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018.

Akan tetapi lebih detail radius zona terdekat tersebut ditetapkan oleh Pemda sesuai kondisi daerah berdasarkan ketersediaan daya tampung dan rombongan belajar (rombel). (pasal 15 butir 3).

Sekolah yang diselenggarakan oleh Pemda dapat menerima calon peserta didik melalui jalur prestasi yang berdomisili di luar radius paling banyak 5% (butir 5). Jumlah peserta didik dalam satu rombel SMP paling sedikit 20 dan paling banyak 32 orang (pasal 24 butir b).

PPDB OTA SMPN 5 Batusangkar

PPDB tahun pelajaran 2018/2019 di SMPN 5 Batusangkar sudah selesai dilaksanakan. Pelaksanaannya sudah merujuk pada Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 sehingga sesuai dengan tujuan PPDB tahun 2018/2019 objektif, terbuka dan akuntabel (OTA).

Kepala SMPN 5 Batusangkar, Drs. Jalinus menyampaikan hal tersebut pada kesempatan pertemuan dengan wali murid dari siswa yang diterima di sekolah beberapa waktu lalu.
“Sebanyak 71 siswa sudah melewati proses penerimaan siswa dan salah seorang di antaranya melalui jalur berprestasi. Proses PPDB sudah diupayakan sesuai dengan Permendikbud yang mengatur tentang PPDB tahun 2018., kata Drs jalinus di hadapan puluhan wali murid siswa yang diterima di SMPN 5 Batusangkar.



0 Response to "Menjamin PPDB OTA di SMPN 5 Batusangkar"

Posting Komentar