Sentra Industri Tenun di Nagari Tigo Jangko Diresmikan

Sentra tenun di Nagari Tigo Jangko diresmikan - Sentra Industri Tenun terbesar di Indonesia yang berada di areal 11.710 M2 di Nagari Tigo Jangko Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar telah diresmikan oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Selasa (08/05/18).

peresmian,sentra tenun,mufidah jk

Sentra tenun ini terdiri dari bangunan sekolah tenun dan bangunan produksi serta dilengkapi dengan Rusunawa berlantai tiga dengan 35 kamar. Berada di lokasi yang sangat strategis di sekitar area sentra pendidikan di Nagari Tigo Jangko Lintau Buo.

Di area sentra industri tenun ini juga di kelilingi oleh fasilitas kesehatan seperti Puskesmas Lintau Buo II, TK Mekar Tigo Jangko, Kampus AKA Tanah Datar, SMPN 2 Lintau Buo, SMAN 2 Lintau Buo dan SMKN 1 lintau Buo.

Tidak hanya Pandai Sikek, Lintau juga daerah lain di Tanah datar  memiliki kerajinan tenun. Melalui sentra tenun ini, songket Lintau akan dapat dikembangkan menjadi hasil tenunan yang bervariasi dan banyak diminati oleh masyarakat dari semua lapisan.

Sebagai sentra tenun terbesar di Indonesia, tentu saja memiberikan peluang bagi generasi muda untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan menenun.  Hal ini juga menjadi lowongan kerja bagi generasi muda khususnya di Kecamatan Lintau Buo dan tanah datar.

Meskipun berada di nagari Tigo Jangko, sentra tenun ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh generasi muda di Sumbar yang berminant belajar tenun. Saat ini, sekolah tenun telah melatih 70-an orang generasi muda untuk belajar menenun yang tidak hanya berasal dari daerah Lintau namun juga berasal dri daerah lain di Sumbar.
Simak juga : Sentra Tenun dan Rusunawa di Nagari Tigo Jangko
Peresmian sentra industri tenun ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti peresmian. Saat persemia, Ibu Mufidah didampingi Ketua DekranasDa Provinsi Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Menteri PUPR  Basuki Hadi Moeljono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muadjir Efendy serta Dirjen Industri Kecil Menengah Kemetrian Perindustrian, Gati Wibawaningsih. 

0 Response to "Sentra Industri Tenun di Nagari Tigo Jangko Diresmikan"

Posting Komentar