Sentra Tenun dan Rusunawa di Nagari Tigo Jangko

Sentra tenun dan rusunawa di nagari tigo jangko – Di Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo saat ini telah berdiri Sentra Tenun. Pusat kerajinan tenun ini terdiri dari bangunan sekolah tenun, gedung produksi dan  dilengkapi dengan bangunan Rusunawa berlantai 3 dengan 35 kamar.
sekolah tenun,rusunawa,tigo jangko
Rusunawa penunjang sekolah tenun di Nagari Tigo Jangko (matrapendidikan.com)

Area sentra tenun terbesar di Indonesia ini berada di sekitar Puskesmas Lintau Buo II, SMPN 2 Lintau Buo, kampus AKA Tanah Datar, SMAN 2 Lintau Buo dan SMKN 1 Lintau Buo.

Dari berbagai sumber dikutip bahwa bangunan sekolah tenun merupakan bantuan pemerintah Pusat., sedangkan gedung produksi merupakan Dana alokasi Khusus (DAK) Kementrian Perindustrian RI dan bangunan Rusunawa merupakan bantuan Kementrian PUPR RI.

Dengan berdirinya sentra tenun, terutama songket di areal 11.710 M2 ini akan meningkatkan peluang lapangan kerja bagi masyarakat dan prospek bisnis bidang pertenunan bagi masyarakat Lintau khususnya dan Tanah Datar umumnya.

Di arel yang cukup luas ini menurut rencana juga akan dimanfaatkan untuk menanam bahan baku pewarna alami tenunan.

Nagari Tigo tidak hanya sebagai nagari pendidikan dan peternakan, sekarang sudah menjadi sentra produksi dan bisnis terutama bidang pertenunan songket yang sangat digemari oleh masyarakat. Melalui sentra tenun ini diharapkan diproduksi tenun khususnya kain songket dengan motif yang bervariasi dan menarik bagi masyarakat penggemar songket.

Sentra tenun di Nagari Tigo Jangko ini akan diresmikan oleh Ibu wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla Selasa 7 Mei 2018 ini. Sebelumnya Ibu Mufidah Jusuf Kalla sudah melakukan  kunjungan kerja dan peninjauan untuk melihat persiapan peresmian bulan april lalu.

Dalam kunjungannya ke sentra tenun di Tigo Jangko April lalu, Ibu Mufidah Jusuf kalla didampingi oleh Ketua Dekranasda Sumbar Ny.Nevi Irwan Prayito, Ketua Dekranasda Tanah Datar Ny.Emi Irdinansyah Tarmizi dan Ketua GOW Tanah Datar Ny.Retri Zuldafri Darma.

0 Response to "Sentra Tenun dan Rusunawa di Nagari Tigo Jangko"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel