Ujian Kenaikan Kelas di Bulan Puasa, Siapa Takut?

Ujian kenaikan kelas di bulan puasa, siapa takut? - Ujian kenaikan kelas atau ujian semester genap tahun pelajaran ini, ternyata pada sebagian sekolah ada yang akan berlangsung di bulan puasa Ramadhan. Namun sebagian sekolah lagi akan dilaksanakan usai lebaran Idul Fitri.

ujian semester,kenaikan kelas,bulan puasa
Ujian di bulan puasa Ramadhan, siswa perlu merubah pola belajar (doc.matrapendidikan.com)

Ujian di bulan puasa diperkirakan akan menjadi permasalahan bagi sebagian siswa. Siswa harus mengerjakan soal ujian saat perut dalam keadaan kosong. Hal ini akan mengganggu fokus siswa dalam ujian. Lebih parah lagi, siswa ini tidak menunaikan ibadah puasa pada selama ujian berlangsung.

Namun tidak demikian bagi sebagian siswa lagi.  Siapa takut? Begitu tekad mereka saat menerima informasi ujian kenaikan kelas di bulan puasa Ramadhan. Siswa menyadari kalau bulan puasa itu memang bulan penuh ujian. Dengan berpuasa sebagaimana mestinya, siswa menyadari hal itu justru dapat meningkatkan kesabaran dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.

Bagaimana siswa menghadapi ujian semester di bulan puasa? Berikut disajikan 4 tips menghadapi ujian kenaikan kelas di bulan puasa.

1.Merubah pola belajar di rumah

Siswa perlu merubah pola belajar di rumah selama menunaikan ibadah puasa. Biasanya siswa belajar di rumah setelah shalat magrib sampai pukul sepuluh malam, misalnya..
Simak : Kapan Waktu Belajar yang Baik?
Namun pada bulan puasa, siswa belajar sebelum atau sesudah waktu sahur sampai sebelum berangkat sekolah. Waktu belajar malam biasa diganti dengan shalat Isya dan tarawih. Kalau dapat, pulang shalat tarawih segera mengulang pelajaran    Tetapi jika sudah ngantuk silahkan tidur dan akan bangun cepat sebelum waktu sahur.

2.Kurangi aktivitas fisik

Siswa perlu mengurangi kegiatan fisik selama ujian di sekolah. Aktivitas fisik ini antara lain bersenda gurau, ngobrol kesana kemari, berkelakar dengan teman dan lain sebagainya.

3.Makan dan minum secukupnya

Ketika berbuka puasa ataupun sahur, sebaiknya siswa makan dan minum secukupnya. Jangan kebanyakan makan atau minum. Berbuka dan sahur dengan makanan dan minuman secukupnya akan membuat siswa tetap sehat dan segar.

4.Istirahat pulang sekolah

Istirajhat yang baik adalah tidur. Siswa dianjurkan untuk segera tidur pulang sekolah namun jangan terlalu lama. Tidur setelah pulang sekolah hanya untuk menghilangkan keletihan usai mengerjakan soal ujian di sekolah.
Demikianlah 4 tips menghadapi ujian naik kelas di bulan puasa. Semoga menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi siswa yang akan menghadapi ujian kenaikan kelas. Jadi, ujian naik kelas di bulan puasa, siapa takut?    

0 Response to "Ujian Kenaikan Kelas di Bulan Puasa, Siapa Takut?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel