Evaluasi Kegiatan Anak Anda Selama Bulan Ramadhan

Evaluasi kegiatan anak anda selama bulan ramadhan – Di penghujung bulan Ramadhan, anda sebagai orangtua dari anak yang masih duduk di bangku sekolah. Perlu mengambil tindakan berupa rencana untuk mengevaluasi kegiatan anak selama bulan puasa Ramadhan.

evaluasi,kegiatan ramadhan,anak
Ilustrasi simbol prestasi kegiatan bulan Ramadhan (doc.matrapendidikan.com)

Menurut hemat kami, anda sebagai orangtua perlu mengambil tindakan evaluasi lebih dulu dibandingkan guru di sekolah. Kenapa begitu? Apakah tidak mendahului tugas guru di sekolah?

Jawaban paling logis adalah karena anak lebih banyak berada di lingkungan keluarga selama bulan Ramadhan. Orangtua lebih berhak mengevaluasi kegiatan anaknya ketimbang guru di sekolah.

Selain itu, kegiatan anak di rumah selama bulan Ramadhan yang tertuang dalam buku agenda ramadhan justru dievaluasi oleh guru di awal tahun pelajaran baru mendatang.
Apa yang harus dievaluasi oleh orangtua dirumah? Orangtua atau wali dapat mengevaluasi kegiatan anak melalui buku agenda Ramadhan yang telah dibuat oleh anak. Di buku agenda tertera bagian penutup, mengetahui orangtua/wali.

Selama ini, sering orangtua/wali hanya sekadar membubuhkan nama dan tanda tangan di buku agenda Ramadhan anak. Tanpa memeriksanya terlebih dulu karena alasan tertentu. Nah kali ini kami ingatkan untuk memeriksanya lebih dulu dengan baik sebelum membubuhkan tanda tangan.
Selain memeriksa buku agendabulan Ramadhan, prestasi apa yang sudah dicapai oleh anak selama bulan Ramadhan. Prestasi dimaksud berkaitan dengan kegiatan amaliah Ramadhan anak.

Jika anak anda mengikuti kegiatan MTQ bidang Tilawah, tahfizul qur’an, azan, kaligrafi, misalnya. Apakah meningkat perolehan prestasinya dibanding bulan Ramadhan tahun lalu? Kalau ternyata menurun, anda tak perlu memarahi anak.
Sebaliknya memberikan pencerahan amanat mengenai kelemahan dan kelebihan anak dalam bidang tilawah. Anda sebagai orangtua/wali telah bertindak sebagai konselor anak, atau di sekolah dikenal dengan guru Bimbingan Konseling (BK).

Jika ternyata pretasi anak tetap atau bahkan meningkat dari ramadhan sebelumnya, anda perlu memberikan reward (penghargaan). Minimal penghargaan verbal jika belum sanggup memberi penghargaan dalam bentuk materi berupa uang atau benda.

Evaluasi kegiatan anak selama bulan Ramadhan oleh orangtua merupakan tindakan nyata dalam membantu anak belajar di rumah. Dengan tindakan ini tugas guru di sekolah menjadi tidak lebih berat dalam memajukan pendidikan anak di lembaga sekoalh.

0 Response to "Evaluasi Kegiatan Anak Anda Selama Bulan Ramadhan"

Posting Komentar