Kebanggaan Orangtua Terhadap Prestasi Anak di Sekolah

Kebanggaan orangtua anak terhadap prestasi anak di sekolah – Semua orangtua pasti menginginkan anaknya yang duduk di bangku sekolah menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dan membanggakan. Jika tidak prestasi akademik, prestasi non akademik pun yang diraih anak akan membuat orangtua menjadi bangga. Syukur-syukur kedua jenis prestasi itu dapat diraih anak.

kebanggaan orangtua,anak berprestasi,akademik

Prestasi akademik ditandai dengan menjadi juara atau peringkat 3 besar dalam setiap penerimaan rapor hasil belajar siswa. Biasanya, saat penerimaan rapor diumumkan siswa yang meraih 3 besar dan tampil ke depan bersama orangtua.Ini termasuk salah satu kebanggaan orangtua terhadap anaknya.

Mungkin saja prestasi akademik seorang anak tidak memuaskan bagi orangtua. Namun prestasi non akademik, seperti kegiatan ekstrakurikuler, anak justru menunjukkan hasil yang baik. Ini pun sudah cukup membanggakan orangtua.

Anak sukses dengan prestasi non akademik seperti kegiatan keagamaan (tahfiz al qur’an, tilawah, dan lain sebagainya). Begitu pula kegiatan ekstrakurikuler lainnya, seperti Lomba OSN dan lomba Karya ilmiah.

Dimulai dari lingkungan keluarga

Prestasi seorang anak di sekolah berangkat dari kerja sama orangtua dan pihak sekolah. Orangtua berperan dalam mewujudkan prestasi belajar anak di bidang akademik maupun non akademik.
Peran orangtua untuk mewujudkan kebanggaannya mempunyai anak berprestasi tidak hanya saat melihat anak orang lain meraih prestasi.

Justru peran itu sudah dilakukan sejak awal di lingkungan keluarga. Langkah pertama adalah bagaimana orangtua menjadi contoh dan teladan bagi anak dalam belajar. Tidak mungkin zaman now, orangtua hanya menyuruh anak untuk belajar.

Langkah kedua, orangtua perlu memberikan perhatian penuh terhadap perkembangan belajar anak. Jika anak mengalami masalah belajar, orangtua perlu mendampingi anaknya belajar di rumah meskipun hanya sekadar menemani. Paling tidak orangtua menjadi fasiltator belajar bagi anak.

Langkah ketiga, selain perhatian orangtua terhadap perkembangan belajar anak, motivasi sangat penting artinya bagi anak untuk giat belajar dan meraih prestasi secara optimal.  Disinilah peranan orang tua sebagai motivator bagi anak ketika berada di rumah.
Baca juga : Efektivitas Dorongan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Anak
Tentu saja masih banyak bentuk dan langkah yang dapat dilakukan orangtua dalam memabngun prestasi belajar anak sehingga membanggakan orangtua.

1 Response to "Kebanggaan Orangtua Terhadap Prestasi Anak di Sekolah"