Orang Mudik Lebaran Saya Juga Meskipun Dekat

Orang mudik lebaran, saya juga meskipun dekat – Mudik merupakan istilah yang digunakan bagi perantau yang pulang ke kampung halaman pada waktu tertentu, seperti hari lebaran. Berdasarkan hal ini, jauh atau dekat antara rantau dan kampung halaman tidak dibedakan dalam memakai istilah mudik.

mudik,lebaran,kampung halaman
Mudik lebaran ke kampung halaman (doc.matrapendidikan.com)

Pada H-1 Lebaran Idul Fitri 1439 H, saya juga mudik ke kampung halaman di Nagari Sumani. Hanya berjarak lebih kurang 75 kilometer dari daerah tempat saya merantau. Dengan menggunakan sepeda motor, dalam waktu tak sampai 2 jam perjalanan saya sudah sampai di kampung halaman tercinta.  

Saya mudik lebaran di kampung halaman hendak berjumpa dengan saudara dan sanak famili. Kedua orangtua saya sudah tidak ada lagi. Oleh sebab itu tujuan utama saya mudik untuk berziarah ke makam orangtua, di samping bersua dengan saudara dan sanak famili di kampung.

Sungguh kangen dengan tradisi malamang yang dilakukan orangtua saya waktu beliau masih hidup. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Ternyata saudara perempuan saya terus menerapkan tradisi itu. Ketika sampai di kampung, lemang sudah hampir masak.
Meskipun saya mudik sendirian, tanpa keluarga, saya jadi senang dapat mudik lebaran meskipun. Lepas kangen saya melihat kali di depan rumah. Kali kecil yang memiliki historis tersendiri bagi saya.

0 Response to "Orang Mudik Lebaran Saya Juga Meskipun Dekat"

Posting Komentar