Siswa Akan Jalani Libur Panjang, Apa yang Harus Dikerjakan?

Siswa akan jalani libur panjang, apa yang harus dikerjakan? – Anak sekolah akan menjalani masa libur yang cukup panjang di akhir tahun pelajaran ini. Tentu saja hal ini menjadi sesuatu yang sangat menggembirakan bagi mereka setelah berjibaku menghadapi tugas-tugas belajar di sekolah selama semester terakhir.

masa libur,liburan panjang,kegiatan sisw3a
Ilustrasi mengisi masa liburan panjang (pexels.com)

Sebagian mereka sudah ada yang merancang kegiatan selama masa liburan tersebut. Bahkan ada juga yang sudah melakukan persiapan untuk mengisi liburan panjang di akhir tahun pelajaran.
Hari terakhir sekolah sekaligus penerimaan rapor kenaikan kelas berlangsung 9 Juni. Hal itu diketahui setelah memperhatikan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Kegiatan pembelajaran selama bulan puasa Ramadhan 21 Mei sampai 9 Juni. Ujian kenaikan berlangsung 21 sampai 26 Mei. Sedangkan penerimaan rapor hasil belajar semeter genap 9 Juni.

Usai penerimaan rapor kenaikan kelas, siswa akan kembali memulai tahun pelajaran baru 9 Juli. Itu berrati siswa akan mnejalani libur sekitar 4 minggu atau lebih kurang 28 hari. Apa yang mesti dikerjakan oleh siswa selama menjalani masa liburan tersebut?
Siswa dapat mengisi masa liburan dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Kegiatan tersebut tidak mesti harus berkunjung ke tempat saudara atau sanak famili di daerah lain. Justru mengisi masa liburan di rumah tak kalah menariknya.

Boleh jadi hanya membantu orangtua untuk bekerja di rumah atau di kebun, sawah dan berjualan. Atau mungkin juga memanfaatkan waktu libur di rumah dengan menerapkan hobi memasak, membuat bunga, berkebun atau beternak.
Di belahan dunia sana, Rusia, akan berlangsung laga putaran Final Piala Dunia 2018 (Word Cup 2018).  Partai Pembuka antara Rusia dan Arab Saudi akan berlangsung Kamis (14 Juni) di Luzhniki Stadium. Berbagai statsiun Televisi swasta dan TV sport berbayar akan menyiarkan pertandingan tersebut secara Live sampai ke putaran puncak (Final) Minggu (15 Juli).

Tak dapat dielakkan, menonton pagelaran sepak bola sejagat akan menjadi salah satu agenda siswa dalam mengisi liburan panjang. Untungnya, pertandingan di negara bekas Uni Soviet tersebut dapat disaksikan di Indonesia sebelum dinihari.

Oh iya, bagi siswa mungkin juga ditugaskan oleh guru di sekolah untuk membuat karangan tentang liburan sekolah. Tugas itu akan ditagih oleh guru mata pelajaran bersangkutan di minggu pertama atau kedua sekolah di tahun pelajaran baru. Disini juga ada artikel tentang liburan sekolah, lho?
Jadi, masa liburan panjang dapat diisi oleh siswa dengan berbagai kegiatan menyenangkan dan bermanfaat, baik di rumah maupun di tempat lain.

0 Response to "Siswa Akan Jalani Libur Panjang, Apa yang Harus Dikerjakan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel