Tips Mendapatkan Sitelink Google Versi Matra Pendidikan

Tips mendapatkan sitelink google versi matra pendidikan – Para blogger sudah tidak asing lagi dengan istilah ini, sitelink (tautan situs). Sitelink merupakan kumpulan beberapa tautan blog yang muncul secara otomatis pada halaman teratas halaman pencarian google. Biasanya sitelink ini akan tampil dua sampai enam pada halaman pencarian google.

sitelink,blog,matrapendidikan
Screenshoot sitelink blog matra pendidikan (matrapendidikan.com)

Tidak semua blog yang memperoleh salah satu bentuk penghargaan berupa sitelink dari google. Konon, google memberikan tautan situs kepada blog yang dinilai dikelola dengan baik, bermanfaat dan SEO (Search Engine Optimization).

Namun sampai saat ini, sulit memastikan apa dan bagaimana kriteria yang ditetapkan oleh google dalam memberikan sitelink kepada sebuah blog.

Membaca pengalaman dari beberapa blogger yang sudah mendapat sitelink untuk blognya, kita dapat belajar dan berusaha untuk mendapatkannya. Hal ini akan membuat blogger belajar keras untuk mendapatkan link otomatis pada mesin pencarian tersebut.

Blog yang anda baca ini, dulunya cukup lama mendapat sitelink dari google. Jumlah artikelnya pun sudah banyak. Namun blog bertema kuliner tradisional Minangkabau, Boga Minang, justru baru berumur setengah tahun sudah memperoleh link situs sebanyak 6 buah. Jumlah artikelnya pun masih tiga puluhan artikel.


#Keuntungan memiliki sitelink


Blog yang memiliki sitelink dari google akan memperoleh keuntungan dari segi trafik pengunjung dan tampilan laman (pageview). Alasannya begini, blog yang sudah mendapat sitelink berarti blog yang memiliki banyak artikel yang sudah muncul di halaman pertama pencarian google. Blog tersebut sudah akrab dengan mesin pencarian google sehingga trafik pengunjung bersifat alami.

Munculnya sitelink pada halaman pencarian memungkinkan pencari untuk memilih satu atau lebih link artikel yang ditampilkan pada sitelink. Dengan demikian tampilan laman juga akan meningkat.

sitelink,tautan situs,boga minang
Screenshoot blog boga minang (matrapendidikan.com)

Ujung-ujungnya, trafik pengunjung dan tampilan pageview yang memadai akan meningkatkan penghasilan blogger. Termasuk blogger publisher adsense.

#Tips mendapatkan sitelink google

Setiap blogger perlu berusaha bagaimana mengelola blog dengan baik. Untuk mendapatkan hadiah sitelink dari google, paling tidak blogger perlu mempertimbangkan 3 hal pokok di bawah ini.

1.Template blog
Gunakan template blog SEO, valid html, user friendly dan loading ringan. Template blog seperti ini akan memudahkan robot perayap untuk men-crawl semua konten dalam blog.

2.Artikel blog
Usahakan untuk membuat konten yqng orisinil dan SEO kemudian submit ke berbagai mesin pencari seperti google webmaster, bing webmaster dan lain sebagainya. Dengan demikian artikel berpeluang untuk menempati halaman pertama pada mesin pencarian google.

3.Link artikel postingan
Agar mudah terindeks oleh mesin pencari perlu dijaga agar link setiap artikel berfungsi baik. Periksa secara berkala link artikel agar tidak ada link yang rusak (brokenlink). Jika ada link yang rusak silahkan perbaiki dan laporkan pada webmaster google.

Sudah diketahui bahwa sitelink yang diberikan google tidak bersifat permanen. Artinya, suatu waktu sitelink akan berubah. Perubahan itu terjadi pada jumlah tautan yang dimunculkan oleh google.
 Baca juga : Fenomena Sitelink Matra Pendidikan

Bisa jadi, semula hanya 4 tautan yang ditampilkan namun saat lain bertambah menjadi 6. Atau sebaliknya, bahkan bukan mustahil sitelink akan hilang sama sekali.  Hal ini tergantung pada bagaimana google menilai pengelolaan sebuah  blog oleh adminnya.

0 Response to "Tips Mendapatkan Sitelink Google Versi Matra Pendidikan"

Posting Komentar