6 Fakta Menarik dari MTQ Nasional di Lintau Buo

6 Fakta menarik dari mtq nasional di lintau buo – MTQ Nasional ke- 40 Tingkat Kabupaten Tanah Datar di Kecamatan Lintau Buo telah berakhir. Kegiatan MTQ yang memperlombakan 11 cabang dan 39 golongan tersebut telah diselenggarakan dari tanggal 2 sampai 6 Juli 2018 dengan sukses.

fakta menarik,mtq nasional,dua camat
Dua camat, Zulkifli S.Sos dan Afrizal, SE saling berjabat tangan akrab usai pengumuman hasil MTQ Nasional di Kecamatan Lintau Buo (matrapendidikan.com)

Menurut catatan admin blog matrapendidikan.com, dibalik kesuksesan penyelenggaraan MTQ tersebut, ada beberapa fakta menarik yang perlu diketahui. Berikut 6 fakta menarik MTQ Nasional di Kecamatan Lintau Buo.

1.Musim hujan

Penyelenggaraan MTQ di Kecamatan Lintau Buo, 2 sampai 6 Juli, bertepatan dengan musim hujan. Pada malam hari sering turun hujan teras disertai angin. Menjelang pembukaan, tepatnya malam hari, bumi Tigo Jangko diguyur hujan deras.

Malam hari sering turun hujan sementara siang hari mendung dan turun gerimis. Namun saat acara pembukaan maupun penutupan, cuaca cukup bersahabat sehingga acara pembukaan dan penutupan berlangsung meriah.

2.Liburan anak sekolah

Penyelenggaraan MTQ Nasional di Kecamatan Lintau Buo bertepatan dengan masa liburan anak sekolah. Tepatnya menjelang berakhirnya masa liburan sekolah karena hari pertama sekoalh dimulai 3 hari setelah usainya kegiatan MTQ.

3.Menerapkan sistem elektronik MTQ (e-MTQ)

Pertama kali dalam MTQ Nasional tingkat kabupaten di Sumbar menerapkan sistem elektronik MTQ. Sistem ini dirancang oleh bagian Kesra Pemda Tanah Datar. Digunakan dalam kegiatan MTQ mulai dari pendaftaran kafilah sampai tahap penilaian oleh dewan juri.

4.Serba diwakili

Pembukaan maupun penutupan MTQ dilakukan oleh pejabat yang mewakili karena pejabat yang direncanakan sedang berhalangan karena tugas lain yang tidak dapat ditinggalkan.

MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Tanah Datar di Kecamatan Lintau Buo dibuka oleh gubernur Sumbar diwakili oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar. Begitu pula kegiatan penutupan oleh bupati Tanah Datar diwakili oleh Sekda Tanah datar.

5.Limo Kaum juara bertahan

Kecamatan Limo Kaum berhasil mempertahankan gelar Juara Umum. Sebelumnya kafilah dari kecamatan ini meraih juara umum pada MTQ Nasional ke-39 Tngkat Kabupaten Tanah Datar di Kecamatan Sungayang, dua tahun lalu.

6.Kejutan buat tuan rumah penyelenggara

Fakta menarik lainnya di MTQ Nasional ke- 40 Tingkat Kabupaten Tanah Datar, tuan rumah penyelenggara, Kecamatan Lintau Buo mendapat kejutan istimewa. Tuan rumah berhasil menduduki juara III di bawah Kecamatan Limo Kaum dan Kecamatan Rambatan.

Dengan demikian tuan rumah penyelenggara berhasil mencapai bahkan melampaui target peringkat yang telah ditetapkan, dari peringkat 10 menjadi peringkat 5 besar. Tentu saja ini menjadi prestasi luar biasa bagi Kecamatan Lintau Buo.
Itulah 6 fakta menarik di antara banyak fakta lainnya dari kegiatan MTQ Nasional ke- 40 Tingkat Kabupaten Tanah Datar di Kecamatan Lintau Buo tahun 2018.

0 Response to "6 Fakta Menarik dari MTQ Nasional di Lintau Buo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel