Telaah Singkat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Telaah singkat kompetensi inti dalam kurikulum 2013 – Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang KI dan KD Revisi Kurikulum 2013 pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendikbud tersebut mengatur seluk-beluk Kompetensi Inti (Ki) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Kurikulum 2013.

kompetensi,inti,dasar

Kompetensi adalah seperangkat kemampuan yang harus dikuasai atau dimiliki oleh siswa setelah melalui proses pembelajaran. Dalam kurikulum 2013, kompetensi terbagi 2 yaitu kompetensi inti dan kompetensi dasar.

Untuk keperluan pembahasan, berikut ini disajikan kutipan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran IPA kelas IX jenjang SMP/MTs:
Kompetensi Inti 
1.1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 
1.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,gotong royong) santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 
1.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 
1.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan,mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar 
1.1.Mengagumi keteraturan dan ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya. 
2.1.Menunjukkan perilaku ilmiah  (memiliki rasa ingin tahu, objektif, jujurteliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan,  dan berdiskusi. 
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan. 
2.3.Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menggunakan energi secara hemat dan aman serta tidak merusak lingkungan sekitarnya. 
2.4.Dst

#Analisa kompetensi inti

Kompetensi Inti, disingkat Ki adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kelulusan (SKL) setiap jenjang, tingkat kelas atau mata pelajaran. Pada hakikatnya Ki adalah operasional dari standar kelulusan (SKL)  yang mencakup aspek pengetahuan, sikap dan tingkah laku serta keterampilan motorik.

a.Ki 1= sikap spiritual/keagamaan seperti kompetensi inti poin (1.1)

b.Ki 2= sikap sosial, seperti kompetensi inti poin (1.2)

c.Ki 3 = penegetahuan, seperti kompetensi inti poin (1.3)

d.Ki 4 = keterampilan, seperti kompetensi inti poin (1.4).

Ki 1 dan Ki 2 (sikap spiritual dan sikap sosial) dapat dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect learning) yaitu melalui keteladaan, pembiasaan, dan budaya sekolah,dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Semua mata pelajaran, termasuk IPA harus mendukung tercapainya kompetensi inti. Namun kompetensi Inti bukan diajarkan melalui terintegrasi melalui mata pelajaran pada materi tertentu yang relevan. 


Setiap mata pelajaran harus mendukung tercapainya kompetensi inti. Kompetensi Inti (Ki) terdiri dari 4 bagian;

#Analisa kompetensi dasar

Kompetensi dasar (KD) adalah kemampuan dan materi pelajaarn minimal pada setiap mata pelajaran di satuan pendidikan untuk mencapai kompetensi inti melalui pembelajaran. Setiap KD terdiri dari aspek kogniti,afektif dan psikomotor

Kompetensi dasar 1.1 merupakan kemampuan untuk mewujudkan Ki 1
Kompetensi dasar 1.2 merupakan kemampuan untuk mewujudkan ki 2
Dst.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa :

1.Kompetensi inti tidak diajarkan melainkan terintegrasi secara tidak langsung dalam pembelajaran.

2.Kompetensi inti mengacu pada Standar kelulusan (SKL) sedangkan kompetensi dasar mengacu pada kompetensi inti.

3.Kompetensi inti sebagai dasar penyusunan kompetensi dasar

4.Kompetensi inti tidak terikat pada suatu mata pelajaran namun kompetensi dasar terikat pada mata pelajaran.

Simak juga : Integrasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran
Demikianlah telaah singkat tentang hubungan kompetensi inti dan kompetensi dasar dalam pembelajaran kurikulum 2013.

0 Response to "Telaah Singkat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel