Kembali Menyaksikan Gerhana Bulan Total

Kembali menyaksikan gerhana bulan total – Gerhana bulan total (total lunar eclipse) merupakan fenomena alam yang sudah sering kita saksikan. Bahkan dalam tahun 2018 ini, sudah dua kali terjadi gerhana bulan total tersebut. Pertama terjadi Rabu, 31 Januari lalu kemudian Sabtu dini hari 28 Juli ini.

gerhana,gerhana bulan,gerhana total

Gerhana bulan terjadi karena matahari – bumi – bulan berada satu garis lurus. Dalam kondisi ini, bayangan bumi akan masuk ke permukaan bulan. Artinya cahaya matahari ke bulan terhalang oleh bumi.
Gerhana bulan total yang terjadi pada dinihari tersebut berlangsung cukup lama. Jika anda berniat mengamati secara langsung di depan rumah atau di tempat-tempat yang dapat menyaksikan fenomena alam tersebut akan capek. Kenapa tidak?

Awal gerhana bulan sekitar pukul 01.30 WIB sedangkan gerhana bulan total terjadi sekitar pukul 03.30 WIB sampai pukul 04.30 WIB. Bagi yang masih betah menyaksikan prosesi gerhana ini  dapat mengikutinya sampai pukul 06.00WIB.

Sebelumnya juga terjadi gerhana bulan total, Rabu 31 Januari lalu. Gerhana bulan total dengan penampakan lebih besar (supermoon) dan biru kemerahan (super blood blue moon). Gerhana dengan 3 fenomena alam sekaligus itu dapat disaksikan tanpa harus begadang karena terjadi setelah senja.
Berbeda dengan gerhana bulan kali ini, terjadi pada dini hari menjelang subuh. Mungkin ada yang harus begadang menunggu fenomena alam terlama abad ini. Syukur kalau terbangun dini hari sehingga dapat bersiap-siap menanti awal mulainya gerhana.

Penampakan bulan agak lebih kecil karena bulan berada pada posisi titik terjauh dari bumi (apogee). Gerhana bulan kali ini lebih menarik karena kondisi langit dalam keadaan cerah.

Banyak bintang bertaburan di langit sementara itu di sebelah kanan gerhana bulan tampak bintang timur (mars) yang bercahaya lebih terang. Konon, gerhana total yang terjadini hari termasuk yang paling lama dalam abad ini.

0 Response to "Kembali Menyaksikan Gerhana Bulan Total"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel