MTQ Nasional ke- 40 Tingkat Kabupaten Tanah Datar di Kecamatan Lintau Buo

MTQ nasional ke- 40 tingkat kabupaten tanah datar di kecmatan lintau buo – Kecamatan Lintau Buo menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ Nasional ke- 40 Tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2018. MTQ yang digelar sekali dua tahun ini akan berlangsung dari 2 s.d 6 juli 2018 dan telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat, Senin (2/7).

mimbar utama,mtq nasional,lintau buo
Mimbar utama MTQ Nasional ke- 40 Tingkat Kabupaten Tanah Datar di Lapangan Lanbaw Tigo Jangko, Lintau Buo (matrapendidikan.com)

Kafilah dari 14 kecamatan di Kabupaten Tanah Datar akan berjuang untuk meraih hasil terbaik di arena MTQ. Sementara itu masyarakat di Lintau IX Koto khususnya dan  kabupaten Luhak Nan Tuo umumnya, saat ini tengah mengarahkan perhatiannya ke kecamatan Lintau Buo.

#Sekilas kecamatan lintau buo

Wilayah kecamatan Lintau Buo terdiri dari 4 nagari dengan 22 jorong. Keempat nagari tersebut adalah, Tigo Jangko, Pangian, Buo dan Taluak. Kecamatan Lintau Buo berada pada ketinggian 200 – 400 m dari permukaan laut.

Keempat nagari di kecamatan Lintau Buo dilintasi oleh sungai Batang Sinamar yang berhulu di kabupaten 50 Kota dan bermuara ke Batang Ombilin di kabupaten sijunjung.

Mimbar utama MTQ Nasional ke- 40 berada di Lapangan Sepakbola Lanbaw di kawasan Nagari Tigo Jangko. Nagari Tigo Jangko telah menjadi kawasan pendidikan dan sentra industri tenun. Di katakan kawasan pendidikan karena di nagari ini terdapat lembaga pendidikan dari PAUD sampai perguruan tinggi.

Lokasi mimbar utama sebagai tempat pembukaan dan penutupan MTQ ini persis di depan SMKN 1 Lintau Buo. Sebelah selatan ke arah Sitangkai terdapat gedung sekolah dan industri tenun, Puskesmas Lintau Buo II, AKA Tanah Datar, SMPN 2 Lintau Buo dan SMAN 2 Lintau Buo. Semua fasilitas ini berada di lokasi strategis di pinggiran jalan Raya Sitangkai - Balai tangah.

#Persiapan yang matang

Sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Nasional ke 40 Tingkat kabupaten Tanah Datar, Kecamatan Lintau Buo telah berbenah diri sejak setahun lalu. Hal itu ditandai dengan pelaksanaan MTQ Nasional ke 2 Tingkat Kecamatan Lintau Buo yang di selenggarakan di Nagari Taluak, akhir tahun lalu.
Panitia MTQ Nasional ke- 40  Tingkat Kabupaten Tanah Datar bekerja sama dengan masyarakat di empat nagari. Membangun mimbar utama di lapangan sepakbola lanbaw.

Yang lebih penting lagi adalah semangat dan kerja sama dalam menyukseskan penyelenggaraan MTQ kali ini. Antara masyarakat dan para perantau dari empat nagari saling bahu membahu dalam menyukseskan penyelengaraan MTQ nasional ke-40 tingkat Kabupaten Tanah datar ini.

Seperti yang disampaikan oleh Camat lintau Buo Zulkifli, S.Sos, sekaligus ketua Panitia MTQ Nasional ke- 40 Tingkat kabupaten Tanah datar, MTQ memperlombakan 11 cabang dan 39 golongan lomba. cabang dengan sekian lokasi di empat nagari.

Untuk kelancaran kegiatan lomba MTQ telah dipersiapkan 11 masjid,  3 surau dan 4 sekolah di empat nagari di kecamatan ini. Sementara pemondokan kafilah ditempatkan di 28 rumah penduduk.

Yang lebih menarik untuk dicermati adalah program elektronik MTQ (e-MTQ) yang diterapkan,mulai dari pendaftaran sampai tahap penilaian.Program ini diluncurkan oleh bagian Kesra Pemda Kabupaten Tanah Datar. Tujuannya adalah peningkatan kualitas dan pemberdayaan kafilah MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kabupaten Tanah Datar.

#Target masuk 5 besar

Sebagai tuan rumah penyelenggara ajang MTQ, Kecamatan Lintau Buo menargetkan masuk dalam 5 besar. Tentu saja, target ini tidak berlebihan mengingat besarnya dukungan material dan moril masyarakat dan perantau Lintau Buo. 

Selain itu, persiapan sebagai penyelenggara dan peserta MTQ juga cukup matang. Apalagi, dalam waktu yang tidak terlalu jauh jaraknya juga dilaksanakan MTQ Nasional ke- 2 Tingkat kecamatan Lintau Buo.

Kemudian pada bulan Ramadhan, hampir setiap masjid dan surau mengadakan kegiatan MTQ dalam rangka pematangan para peserta MTQ yang akan berlomba di tingkat kabupaten.
Baca juga : MTQ ke- 41 Masjid Raya Taluak Dibuka oleh Wali Nagari

Meskipun pada MTQ Nasional ke-39 Tingkat Kabupaten tanah datar yang diadakan di kecamatan Sungayang tahun 2016 lalu, kecamatan intau Buo hanya berada pada peringkat ke 10. Kita optimis, target 5 besar yang dicanangkan pemerintah kecamatan akan tercapai.


Mari Sukseskan MTQ Nasional ke- 40 Tingkat Kabupaten Tanah Datar di Kecamatan Lintau Buo, 2 sd 6 Juli 2018

0 Response to "MTQ Nasional ke- 40 Tingkat Kabupaten Tanah Datar di Kecamatan Lintau Buo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel