Peranan Duta Wisata dalam Promosi Pariwisata Daerah

Peranan duta wisata dalam promosi pariwisata daerah – Ketika artikel ini diposting sedang berlangsung prosesi pemilihan Uda Uni Duta Wisata Tanah Datar 2018 menuju grand final. Bukan mustahil pembahasan sederhana ini menjadi bahan inspirasi bagi anda terutama generasi muda Tanah Datar khususnya dan Sumatera Barat umumnya.

peranan,duta wisata,uda uni,tanah datar
Duta wisata berperan penting dalam mempromosikan aset pariwisata daerah (tanahdatar.go.id)

Tanah Datar merupakan wilayah tertua dalam sejarah Minangkabau. Oleh sebab itu cukup beralasan jika wilayah ‘Luhak Nan Tuo’ ini memiliki aneka seni tradisional, adat dan budaya peninggalan sejarah Minangkabau yang beraneka ragam.

Aneka ragam kekayaan seni, adat dan budaya menjadi aset berharga bagi Tanah Datar. Kenapa tidak? Aset ini  akan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam daerah maupun luar daerah bahkan bagi wisatawan luar negeri.

Pemelihaaran, pengembangan dan promosi pariwisata Tanah Datar adalah kunci utama. Perosalannya adalah sejauh mana sumberdaya manusia (human resources) pelaku wisata dapat melakukan terobosan dalam menindaklanjuti aset pariwisata tersebut.

Salah satunya adalah melakukan pembinaan dan pengembangan  terhadap peran generasi muda di Tanah Datar dalam mendukung pariwisata daerah.  

Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Tanah Datar merupakan ajang  yang cukup strategis dalam melestarikan dan mempromosikan aset pariwisata daerah. Hal ini  mengingat peranan Duta Wisata sangat penting, antara lain:

1.Menjadi mitra pemerintah daerah dalam pengembangan pariwisata Tanah Datar

2.Menjadi tauladan bagi generasi muda khusunya Tanah Datar dalam bertindak dan bertutur kata dalam kehidupan sosial sehari-hari.

3.Memelihara dan mengembangkan nilai-nilai seni, budaya dan  adat  Minangkabau.

4.Menjadi pioner dalam mempromosikan aset pariwisata di kabupaten Tanah Datar.

Berkaitan dengan peranan tersebut di atas maka duta wisata tanah datar harus memiliki pengetahuan dan wawasan luas. Tidak hanya tentang pariwisata melainkan juga seluk beluk seni tradisional, budaya, adat dan agama.
Selain itu duta wisata juga memiliki keterampilan dalam berbicara menggunakan bahasa Minang, bahasa Indonesia maupun bahsa asing terutama bahasa Inggris. Semoga artikel ini menjadi bahan inspirasi bagi kita semua dan jika dinilai bermanfaat bagi kawan lain silahkan bantu dishare melalui media sosial di bawah ini.

0 Response to "Peranan Duta Wisata dalam Promosi Pariwisata Daerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel