Siswa Baru Harus Mengenal Lingkungan Sekolah, Kenapa?

Siswa baru harus mengenal lingkungan sekolah, kenapa? Siswa baru harus mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Hal ini telah berlangsung sejak kegiatan ini bernama Masa Orientasi Siswa (MOS). Mengapa siswa perlu mengenal lingkungan sekolah?

Ilustrasi gambar  (Hadi R/ matrapendidikan.com)

Untuk menjawab pertanyaan ini perlu melihat kembali Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa baru.

Ada beberapa tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan MPLS bagi siswa baru.

1.Mengenal potensi siswa baru
2.Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungannya
3.Menumbuhkan motivasi dan cara belajar siswa
4.Menumbuhkan interaksi positif siswa dengan warga sekolah
5.Menumbuhkan perilaku positif pada diri siswa baru
Untuk mewujudkan tujuan dimaksud pihak panitia sekolah telah mengumpulkan siswa baru sehari sebelum dimulainya kegiatan MPLS.

Kegiatan ini dikenal dengan pra-MPLS yang bertujuan untuk memberikan panduan awal tentang MPLS dan seluk beluk kegiatannya kepada siswa baru.

Panitia sekolah terdiri dari guru dan anggota Osis. Di SMPN 2 Lintau Buo, Ketua Panitia kegiatan MPLS, Harry Delfingra SPd dan wakil Ketua Wirda Nengsih SPd serta sekretaris Hadi Rahim. Telah berupaya sebaik mungkin mempersiapkan kegiatan MPLS sehingga lancar dan sukses.

Sementara itu, Fauzi SPd selaku Kepala SMPN 2 Lintau Buo dalam pembukaan MPLS dan pemasangan tanda peserta secara simbolis kembali mengingatkan para siswa baru agar mengikuti kegiatan MPLS dengan baik.

“Melalui kegiatan ini siswa dapat mengetahui lingkungan sekolah, kemudian mengenalnya dengan cermat lingkungan fisik dan non fisik sehingga tumbuh rasa cinta siswa terhadap sekolah.

Dengan demikian siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik di SMPN 2 Lintau Buo.” kata Fauzi SPd dalam sambutan pembukaan kegiatan MPLS, Senin (9/7/18).
Kegiatan MPLS akan berlangsung selama 3 hari dengan materi antara lain wawasan wiyata mandala, program dan cara belajar, tata tertib sekolah dan lain sebagainya.

Di akhir kegiatan akan diadakan pemilihan “King and Queen” anugerah siswa terbaik dalam mengikuti kegiatan MPLS.***